Macam Macam Lomba Pramuka dan Kategori Lombanya

Macam Macam Lomba Pramuka dan Kategori Lombanya

Untuk mengasah keterampilan dan ketangkasan serta membentuk kepribadian anggota pramuka, maka sering diadakan berbagai jenis lomba. Macam macam lomba pramuka ini kerap digelar setiap tahun, baik tingkat daerah maupun nasional.

Setiap anggota pramuka yang berprestasi dalam memenangkan lomba tersebut bukan hanya akan mendapatkan hadiah, tetapi juga mendapatkan pengalaman yang berharga. Dengan adanya lomba semacam ini juga akan meningkatkan tali persaudaraan antar anggota.

Macam Macam Lomba Pramuka Berdasarkan Tingkat Penyelenggaraan dan Peserta

Seperti yang kita ketahui, ada tingkatan di dalam pramuka, mulai dari siaga hingga pandega. Maka dari itu tiap lomba juga memiliki tingkat kesulitan yang berbeda.

Kali ini kita akan mengulas soal Lomba Tingkat (LT), Yuk lanjut…

  1. LT I

LT I atau Lomba Tingkat I merupakan lomba yang diadakan untuk peserta berusia SMP dan MTs. Lomba ini diadakan pada tingkatan Gugus Depan. Sedangkan peserta lomba juga masih merupakan bagian dari Gugus Depan tersebut yang dibagi dalam beberapa regu.

  1. LT II

Sedangkan Lomba Tingkat yang lebih tinggi dari LT I adalah LT II, yang diadakan dalam tingkat Kecamatan atau Kwartir Ranting. Peserta lomba dari LT II juga lebih luas, yaitu perwakilan dari tiap Gugus Depan yang ada di dalam Kwartir tersebut.

  1. LT III

Macam macam lomba Pramuka yang selanjutnya adalah LT III. Lomba Tingkat ini diadakan pada tingkatan Kabupaten atau kota, atau dalam istilah kepramukaan disebut Kwartir Cabang. Peserta dari lomba ini merupakan perwakilan dari tiap Kwartir Ranting yang sudah menang dalam lomba sebelumnya.

  1. LT IV

Setelah berhasil melalui lomba di tingkat Kwartir Cabang, maka peserta akan menjadi wakil untuk maju dalam Lomba Tingkat IV. Lomba ini merupakan lomba di level provinsi atau Kwartir Daerah.

  1. LT V

Lomba Tingkat yang terakhir dan yang paling tinggi adalah di tingkat nasional atau yang disebut dengan Kwartir Nasional. Pesertanya jelas adalah wakil-wakil dari pemenang di tiap Kwartir Daerah.

Adalah Lomba Tingkat yang diselenggarakan di tingkat Kwartir Nasional (Nasional) dengan peserta dari perwakilan masing-masing Kwartir Daerah yang ada di Indonesia.               

Materi dalam Macam Macam Lomba Pramuka Tingkat

Ada empat kategori yang akan dilombakan dalam tiap Lomba Tingkat. Semua peserta harus menguasai tiap kategori agar bisa keluar sebagai pemenang.

  1. Agama, Mental, Spiritual dan Pembentukan Watak

Menjadikan pribadi yang taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa memang menjadi salah satu tujuan dari kegiatan pramuka. Maka tidak heran jika perlombaan yang diadakan juga menggunakan materi tersebut misalnya lomba pengetahuan agama dan lain sebagainya.

  1. Ketangkasan, Olahraga dan Patriotisme

Beberapa jenis ketangkasan dan olahraga yang bisa dijadikan sebagai materi perlombaan misalnya halang rintang, pionering hingga permainan yang bisa dilakukan berkelompok misalnya permainan kasti dan lain sebagainya. 

  1. Kesehatan, Keterampilan

Dalam lomba tingkat, bukan hanya perlombaan saja yang digelar tetapi juga ditambah dengan pembekalan misalnya seminar maupun workshop keterampilan seperti demo memasak. Untuk lomba yang akan digelar tergantung dari penyelenggara misalnya lomba semaphore, pengetahuan pramuka, cerdas cermat tentang kesehatan dan lain sebagainya.

  1. Seni dan Budaya

Selain ketiga materi lomba di atas, materi lain yang juga tidak boleh dilewatkan yaitu seni dan budaya. Ada banyak jenis lomba yang ada di bawah naungan kategori ini misalnya membuat prakarya, peragaan busana, pertunjukan seni dan masih banyak lagi.

Mengikuti macam macam lomba pramuka bisa meningkatkan jiwa sportifitas tiap anggota. Selain itu, saat mengikuti lomba juga bisa menjadi ajang menambah teman karena akan berhadapan dengan peserta lain dari tempat yang berbeda.

Pramuka Update

https://pramukaupdate.id/

Media Pramuka Independent yang memiliki misi menjadi media pramuka rujukan dalam berlatih pramuka. Visi Pramuka Update adalah membangun konten siapapun dan dimanapun bisa mengakses materi pramuka terbaru dan terupdate. Kontak kolaborasi & media partner WA 0877-2264-2882

Related post

Leave a Reply Cancel reply