Kenali Arti dan Makna Lambang Emblem Pramuka

Bagikan artikel ini yuk!

Emblem Pramuka harus selalu terpasang pada pakaian seragam setiap anggota Pramuka, mulai dari Siaga, Penggalang, Penegak, Pandega maupun Pembina. Eblem tersebut berupa logo lambang Gerakan Pramuka, yaitu tunas kelapa. 

Pemasangan emblem sendiri memiliki ketentuan masing-masing, sesuai gender dan juga tingkatannya. Misalnya, emblem untuk anggota Pramuka Siaga putra akan berbeda dengan yang putri. Begitu juga dengan tingkatan Pramuka lainnya.

Arti dan Makna Emblem Pramuka

Emblem yang berupa gambar tunas kelapa tersebut, selain berfungsi sebagai tanda pengenal, pastinya juga memiliki arti tersendiri. Lambang Pramuka yaitu tunas kelapa yang berbentuk siluet, dibuat tidak sembarangan karena memiliki arti dan makna yang dalam. 

Emblem Pramuka
Emblem Pramuka

Secara garis besar, arti dan makna lambang Pramuka tunas kelapa adalah sebagai berikut :

  1. Sebagai Cikal

Tunas kelapa memiliki padanan kata yaitu cikal, yang muncul ketika pohon kelapa mulai memiliki tunas. Sedangkan dalam bahasa Indonesia, cikal dapat diartikan sebagai penduduk asli yang pertama dan akan menurunkan generasi penerus.

Mengacu pada arti di atas, cikal dalam lambang Pramuka dimaknai sebagai pemula atau yang pertama untuk menelurkan generasi baru yang akan datang. Sehingga dapat diartikan bahwa pemilihan tunas kelapa atau cikal sebagai lambang Pramuka memiliki makna yang sama. 

Tunas kelapa atau cikal yang melambangkan Pramuka mempunyai makna bahwa Pramuka merupakan tempat pembentukan generasi baru, yang akan menjadi penerus bangsa. Makna lainnya yaitu menjadi kiasan bahwa Pramuka menjadi unsur utama keberlangsungan hidup bangsa.

  1. Memiliki Kekuatan

Emblem Pramuka yang bergambar tunas kelapa juga mempunyai arti dan makna kekuatan. Buah kelapa merupakan tumbuhan yang memiliki daya tahan yang kuat, bisa bertahan hidup dimana saja dan dalam kondisi apapun.

Sehingga diharapkan setiap anggota Pramuka akan mampu menjadi generasi yang kuat, dapat bertahan dalam kondisi apapun dan dimanapun. Kuat disini adalah secara fisik, psikis dan ulet dalam menghadapi setiap rintangan dan masalah yang datang.

  1. Mampu Beradaptasi

Arti tunas kelapa selanjutnya adalah mampu beradaptasi. Kelapa bisa tumbuh dimana saja, sehingga setiap anggota Pramuka juga bisa hidup di tempat apapun. Dalam arti yang luas yaitu anggota Pramuka harus memiliki kemampuan beradaptasi dengan lingkungan tempatnya hidup.

  1. Pohon Tertinggi dan Lurus 

Di Indonesia, pohon kelapa adalah pohon yang tertinggi dan bentuknya lurus. Maknanya yaitu bahwa setiap anggota gerakan Pramuka harus memiliki cita-cita tinggi dan berusaha untuk mewujudkannya. Cita-cita tersebut harus diraih melalui cara yang lurus, jujur dan tidak mudah terombang-ambing.

  1. Akarmya Menancap Kuat di Tanah

Tunas kelapa pada emblem Pramuka juga melambangkan keinginan dan keyakinan kuat pada diri setiap anggotanya. Keinginan serta keyakinan kuat tersebut identifikasikan dengan akar pohon kelapa yang bisa menancap dengan kuat pada tanah.

  1. Tumbuhan yang Serba Guna

Kelapa adalah tumbuhan yang semua bagiannya dapat dimanfaatkan atau serba guna. Mulai dari pohon, buah, daun bahkan kulitnya memiliki manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Begitu juga dengan makna yang terkandung didalamnya. 

Setiap anggota Pramuka hendaknya dapat bermanfaat sebesar-besarnya untuk diri sendiri, orang lain maupun masyarakat. Dalam skala yang lebih luas, anggota Pramuka harus bermanfaat dengan cara membaktikan diri pada bangsa, negara dan tanah airnya.

Selain bermanfaat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, anggota Pramuka juga harus dapat diandalkan. Emblem Pramuka yang bergambar lambang tunas kelapa bukan hanya sekedar aksesoris saja. Emblem tersebut menjadi identitas sekaligus memiliki arti dan makna yang dalam bagi setiap anggota Pramuka, dari Siaga hingga Pembina.

Bagikan artikel ini yuk!
Pramuka Update
Pramuka Update

Media Pramuka Independent yang memiliki misi menjadi media pramuka rujukan dalam berlatih pramuka. Visi Pramuka Update adalah membangun konten siapapun dan dimanapun bisa mengakses materi pramuka terbaru dan terupdate.

Kontak kolaborasi & media partner WA 0877-2264-2882

Tinggalkan Balasan