Jambore dalam Dunia Pramuka

Pramuka atau Praja Muda Karana merupakan salah satu ekstrakurikuler wajib yang ada di tingkat sekolah dasar (SD) hingga SMA. Pramuka menjadikan pribadi seorang siswa menjadi kuat serta mandiri. Salah satu agenda penting dalam pramuka adalah agenda jambore. Agenda ini selalu diadakan mulai dari tingkat nasional hingga dunia.

Kegiatan jambore pramuka ini rutin diadakan dalam bentuk kegiatan yang bersifat rekreatif edukatif di alam terbuka agar para siswa lebih dekat dengan alam. Kegiatan dalam jambore disusun sedemikian rupa agar para peserta tak bosan serta menikmati kegiatan pertemuan tersebut.

Pengertian Jambore

Jambore menjadi salah satu agenda penting yang wajib dilaksanakan dalam dunia pramuka. Pengertian jambore adalah pertemuan pramuka penggalang yang dikemas dalam bentuk perkemahan yang besar, serta kegiatan ini diselenggarakan oleh Kwartir Gerakan Pramuka dari tingkat paling ranting, hingga tingkat nasional.

Sementara itu, pengertian jambore menurut etimologi yakni berasal dari kamus Oxford Kanada, menurut kamus ini jambore pada abad ke-19 tidak diketahui asal muasalnya. Penyair Robert W. Service menggunakan istilah jambore sebelum jambore dunia pertama diselenggarakan.

Arsip Jambore Nasional Pramuka 2016

Pada lagu yang berjudul Athabaska Dick yang dinyanyikan oleh Rolling Stone, dan dipubikasikna pada 1912, kata Jambore memiliki makna sebuah pertemuan besar yang gaduh. Ketika Baden-Powell ditanya mengapa menggunakan istilah jambore, dia menjawab “apa lagi yang akan Anda sent?”. Hal dasar yang diyakni pada Kepanduan yakni kata tersebut diciptakan oleh Baden-Powell.

Kata Jambore sendiri memiliki beberapa kemungkinan asal-usul. Kemungkinan ini berasal mulai dari Hindi ke Swahili untuk dialek asli Amerika, jambore juga berkaitan dengan kata Corroboree, sebuah istilah dari suku Aborigin Australia, istilah jambore dianggap perkumpulan yang berisik serta dilakukan pada malam hari.

Menurut sumber lain dikatakan jika kata jambore berasal dari Swahili untuk kata hello, jambo, yakni sebagai akibat dari banyak waktu yang dihabiskan di sana.

Jenis Jambore

Jambore yang merupakan kegiatan pertemuan dalam pramuka menjadi agenda penting yang dilakukan di taraf nasional hingga dunia. Jambore memiliki beberapa jenis dalam pelaksanaannya. Jenis-jenis jambore antara lain:

  1. Jambore internasional

Dalam jambore internasional, pengertian jambore dikembangkan menjadi lebih luas. Berdasarkan panduan yang diberlakukan di dunia dan dikeluarkan oleh Organisasi Kepanduan Dunia, jambore tak hanya dimaknai dengan pertemuan dari para pandu yang berasal dari berbagai organisasi kepanduan nasional negara-negara.

Jambore internasional berkembang menjadi lebih banyak kegiatan-kegiatan yang diadakan didalamnya. Kegiatan-kegiatan yang diadakan pada jambore internasional sangat banyak sekali, mulai dari Jambore Dunia Pramuka yaitu sebutan untuk pertemuan pandu dari seluruh dunia, hingga Jambore yang diadakan oleh regional daerah, seperti Jambore Pandu Eropa untuk pertemuan Pandu dari regional Eropa.

  1. Jambore nasional

Jambore nasional merupakan pertemuan dari pramuka penggalang se-Indonesia dalam bentuk kegiatan kemah yang besar, serta diselenggarakan oleh Kwartir Nasional atau Kwarnas. Jambore nasional ini dilaksanakan setiap 5 tahun sekali dengan peserta dari perwakilan kabupaten dan kota seluruh Indonesia.

Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan dalam jambore nasional sangat beragam, dan tentunya mengasyikkan. Kegiatan tersebut antara lain:

  1. Kegiatan perkemahan, kegiatan ini dilaksanakan secara rutin di arena perkemahan yang meliputi kegiatan olahraga, keagamaan, apel, kunjungan pameran, anjangsana, aneka game, dan api unggun di malam hari.
  2. Kegiatan yang memiliki sifat Scouting Skill, yakni pioneering atau semboyan dan isyarat, P3K, peta, kompas, dan taksir ukur.
  3. Kegiatan seni budaya dan pendidikan yang meliputi pameran, diskusi pendidikan, pemutaran film pendidikan, upacara, gelar seni pembukaan dan penutupan.

Kegiatan yang dilaksanakan dalam jambore ini dijamin seru dan akan membuat kamu menjadi pribadi yang kuat serta mandiri. Kamu juga akan menjadi seseorang yang memiliki rasa cinta lingkungan melalui kegiatan-kegiatan perkemahan dalam pramuka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *