Dasa Dharma Pramuka Dalam Cerminan Sikap Pramuka

Dasa Dharma Pramuka Dalam Cerminan Sikap Pramuka

Dasa Dharma Pramuka terbentuk dari kata dasa (sepuluh), dan Dharma (sikap) yang artinya adalah sepuluh sikap yang wajib dimiliki oleh seorang pramuka khususnya jika ia berada di tingkat penggalang ke atas. Sepuluh hal ini harus diterapkan dalam perilaku para Pramuka di kehidupan sehari – hari, jadi tidak hanya sewaktu mereka mengenakan seragam cokelat dan dasi merah putih saja.

Dasa Dharma Pramuka Dalam Cerminan Sikap Pramuka
Dasa Dharma Pramuka Dalam Cerminan Sikap Pramuka

Sikap Dasa Dharma

Di bawah ini merupakan Dasa Dharma pramuka sekaligus bagaimana seharusnya seorang pramuka bisa bersikap sesuai dengan ucapan janjinya sebagai anggota pramuka.

  1. Takwa kepada Tuhan Yang maha Esa

Seorang pramuka wajib melaksanakan kewajibannya sebagai umat beragama. Untuk beragama islam wajib untuk melaksanakan sholat dan puasa. Umat Nasrani dan Khatolik maka diwajibkan untuk bersembahyang dan merayakan hari besar mereka. Begitu juga untuk pemeluk agam Budha, Hindu, Konghucu dan lainnya.

  1. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia

Maksudnya adalah seorang pramuka harus wajib untuk menjaga kelestarian alam dan lingkungan sekitar. Selain itu, ia juga wajib untuk menghormati dan menghargai sesama manusia. Misalnya dengan meningkatkan solidaritas dan mengembangkan sikap tenggang rasa.

  1. Patriot yang sopan dan kesatria

Seorang pramuka wajib menjaga sopan santun saat bersikap baik kepada yang lebih muda maupun kepada yang lebih tua ataupun sebaya. Ia juga harus memupuk jiwa kesatria, seperti berani meminta maaf dan mengakui kesalahan yang telah diperbuat.

  1. Patuh dan suka bermusyawarah

Sebagai anggota pramuka yang baik, wajib mematuhi segala peraturan dimana pun ia berada. Dalam mencapai suatu keputusan bersama pun lebih baik melalui jalan musyawarah untuk mencapaii mufakat.

  1. Rela menolong dan tabah

Pramuka wajib memupuk rasa saling tolong menolong, sabar, dan ikhlas dalam melakukan apapun, terutama untuk kemanusiaan. Contohnya menolong korban bencana alam, membantu teman yang kesusahan, dan tabah saat menerima cobaan.

  1. Rajin, terampil, dan gembira

Sikap rajin, terampil dalam melakukan segala hal, dan selalu bergembira adalah tiga hal wajib yang harus dimilki oleh seorang pramuka. Misalnya dalam kegiatan apapun di pramuka, seperti berkemah maka tiga hal tadi harus diterapkan dengan baik.

  1. Hemat, cermat, dan bersahaja

Demi masa depan yang lebih baik, memupuk jiwa menabung sangat penting. Seorang anggota pramuka tidak boleh melakukan pemborosan dalam bentuk apapun, misalnya membeli barang seperlunya dan tidak menghambur – hamburkan uang hanya untuk hiburan.

  1. Disiplin, berani, dan setia

Displin, selalu berani, dan setia terhadap pancasila, UUD ’45, bangsa, dan negara harus selalu dikembangkan dan dijadikan sebagai bagian dari visi misi yang dimiliki oleh anggota pramuka pramuka. Tak hanya itu, dalam hal kecil pun pramuka sejati harus menerapkan sikap ini misalnya tidak pernah datang terlambat ke sekolah, berani mengatakan kebenaran, dan lain – lain.

  1. Bertanggung jawab dan dapat dipercaya

Setiap tugas yang diembankan kepadanya, harus dijalani dengan penuh tanggung jawab dari awal hingga akhir. Seorang pramuka juga harus memliki sikap amanah, artinya ia tidak menkhianati kepercayaan yang telah diberikan kepadanya, apapun itu.ia harus selalu memiliki sikap terpuji.

  1. Suci dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan

Ini merupakan poin wajib yang harus diaplikasikan setiap waktu, kapanpun dan dimanapun. Seorang anggota pramuka yang baik tidak boleh berkata – kata kotor, berfikiran yang tidak – tidak, dan selalu berbuat baik kepada sesamanya. Jadi sebisa mungkin jagalah lisan, pikiran, dan perbuatan.

Demikianlah Dasa Dharma Pramuka yang wajib untuk dihafalkan oleh seorang Pramuka sejati. Untuk selanjutnya harus diaplikasikan dalam kehidupan sehari – hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *