Ciri-ciri Pramuka Berdasarkan Dasa Dharma Pramuka

Ciri-ciri Pramuka Berdasarkan Dasa Dharma Pramuka

Menjadi seorang pramuka adalah sebuah kebanggan yang belum tentu dirasakan oleh banyak orang. Ciri-ciri pramuka tergambar penuh dalam Dasa Dharma Pramuka dan Tri Satya yang menjadi pedoman seorang pramuka. 

Nilai-nilai luhur ditanamkan dalam kegiatan pramuka sehingga dapat membentuk citra positif seseorang. Itulah sebabnya sejak anak-anak mulai diajarkan dan dikenalkan dengan pramuka. Sebab kegiatan ini tidak hanya membentuk kepribadian tetapi juga kecakapan. 

Ciri-ciri Pramuka Berdasarkan Dasa Dharma

Sesuai dengan namanya, ada sepuluh tuntunan yang terdapat di dalam Dasa Dharma. Setiap tuntunan pun berelaborasi dengan semua sila dalam Pancasila. Sehingga diharapkan setiap anggota dapat mengamalkan dan menghayati Dasa Dharma ini dengan sungguh-sungguh.

Taqwa kepada Tuhan yang Maha Esa

Pasal pertama ini sama dengan sila pertama dalam Pancasila. Sebagai orang yang beragama tentunya harus beriman dan patuh kepada Sang Pencipta. Ketaqwaan ini bukan hanya bersifat vertikal, yaitu kepada Tuhan saja. 

Sebab dengan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa maka tentu akan mematuhi semua perintahNya dan menjauhi laranganNya. Dengan demikian, seharusnya otomatis juga bisa menghargai sesama manusia dan tidak berbuat yang merugikan sesama, sebab demikianlah yang diperintahkan oleh Tuhan.

Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia

Manusia hidup berdampingan dengan manusia lain dan juga alam. Agar timbul keseimbangan maka harus ada cinta kasih di dalam menjalankan kehidupan. Dengan demikian, semua orang akan berlaku baik dan benar kepada sesama dan alam dan terciptalah keharmonisan.

Patriot yang sopan dan kesatria

Ciri-ciri pramuka yang selanjutnya adalah sopan dan ksatria. Nilai moral ini harus ditanamkan sehingga setiap anggota pramuka bisa mengerti cara berlaku kepada orang yang lebih tua, sepantaran maupun lebih muda. Selain itu mereka juga harus bisa mengakui jika melakukan kesalahan dan mau bertanggung jawab.

Patuh dan suka bermusyawarah

Kepatuhan bukan suatu hal yang menandakan seseorang lemah. Sebaliknya, patuh menandakan kedewasaan sebab tidak semua orang bisa menghargai sebuah peraturan. Selain itu, seorang pramuka yang baik akan suka bermusyawarah. Hal ini menandakan mereka tidak egois dan mau mendengarkan pendapat orang lain. 

Rela menolong dan tabah

Dalam kegiatan kepramukaan kebanyakan dilakukan secara berkelompok, meskipun juga ada tugas-tugas yang dilakukan sendirian. Hal ini untuk melatih kemampuan untuk mau saling menolong. Selain itu seorang pramuka yang baik juga harus tabah dan sabar dalam menjalani berbagai ujian. 

Rajin, terampil, dan gembira

Itulah sebabnya semua kegiatan dalam pramuka mengajarkan keterampilan agar anggotanya bisa cakap saat terjun ke masyarakat. Selain itu juga mengajarkan untuk selalu rajin dan melakukan segala sesuatu dengan gembira. 

Hemat, cermat, dan bersahaja

Hal ini selaras dengan pedoman yang kerap diajarkan secara umum agar senantiasa menabung dan hemat. Tiap anggota juga harus memiliki ciri-ciri pramuka yang cermat dan bersahaja dengan dilatih dalam setiap kegiatan yang ada. 

Disiplin, berani, dan setia

Setiap kegiatan pramuka juga mengajarkan kedisiplinan, kesetiaan dan keberanian. Tiga hal ini sangat diperlukan dalam bermasyarakat. 

Bertanggung jawab dan dapat dipercaya

Sulit untuk mengembalikan kepercayaan. Untuk itulah seorang anggota pramuka harus dilatih untuk bisa bertanggung jawab dan dapat dipercaya.

Suci dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan

Jika pikiran, perkataan dan perbuatan kita tidak bercela, maka tidak akan ada konflik yang timbul di tengah masyarakat. Itulah pentingnya didikan sejak di dalam pikiran. 

Mengikuti kegiatan pramuka bukan hanya sebuah ekstrakulikuler belaka. Dalam kegiatan positif ini terdapat ciri-ciri pramuka yang menciptakan bibit unggul. Jika semua pasal dalam Dasa Dharma dilakukan maka niscaya kehidupan manusia akan lebih baik.

Belanja atribut pramuka terbaru hanya di tokopramuka.com

Pramuka Update

https://pramukaupdate.id/

Media Pramuka Independent yang memiliki misi menjadi media pramuka rujukan dalam berlatih pramuka. Visi Pramuka Update adalah membangun konten siapapun dan dimanapun bisa mengakses materi pramuka terbaru dan terupdate. Kontak kolaborasi & media partner WA 0877-2264-2882

Related post

2 Comments

  • ijin share ya kak

    • Silakan kak

Leave a Reply Cancel reply