Bapak Pandu Dunia dan Perjalanan Karirnya

Sebagian besar dari kalian mungkin tidak asing mendengar nama Lord Robert Baden Powell Gilwell, terlebih lagi bagian kalian yang aktive dalam kegiatan kepramukaan. Baden Powell adalah seorang Bapak Pandu Dunia yang juga berprofesi sebagai seorang letnan satu umum tentara di Inggris.

Baden Powell lahir pada tanggal 22 Februari 1857 di London, Inggris. Selama Puluhan tahun Baden Powell sudah menggeluti karirnya menjadi tentara militer di Inggris. Baden Powell juga pernah menjadi seorang  pemimpin di usia muda ketika usianya baru 26 tahun dan menduduki jabatan no dua teratas pada saat ujian tentara.

Siapakah Lord Robert Baden Powell Gilwell?

Sejarah Lord Robert Baden Powell Gilwell yang menjadi seorang Bapak Pandu Dunia (Chief Scout of The World) tidak dapat dipisahkan dari sejarah kepanduan di Duniakhususnya di Indonesia. Baden Powell selain sebagai pendiri Gerakan Kepanduan Sedunia, beliau juga memiliki pengalaman yang cukup tinggi.

Baden Powell memiliki minat untuk melatih remaja- remaja inggris, mengembangkan dan melakukan pembinaan yang kemudian berkembang dan beradaptasi sebagai sistem pendidikan kepanduan sedunia.

 

Perjalanan Hidup Badan Powell saat Masih Kecil

Pada saat Baden Powell kecil dikenal sebagai anak yang cerdas, periang dan lucu sehingga dia sangat disukai oleh teman- temannya. Selain cers, Baden Powell juga pandai dalam memainkan alat music seperti Biola dan Piano.

Selain itu, dia juga sangat menyukai kegiatan ber teater dan hobi lain yang dimiliki Baden Powell yaitu berenang, menggambar, berkemah dan mengarang. Dari hobinya tersebut Baden Powell menuliskan berbagai buku dan menceritakan tentang kisahnya dalam kegiatan perkemahan yang dilakukan.

Buku pertamanya yang Powell tulis yaitu berjudul (Scouting for Boy). Di dalam buku tersebut diceritakan semua perjalanannya dalam sebuah kegiatan perkemahan. Yang kemudian buku ini menjadi sebuah acuan kegiatan kepanduan sedunia.



 

Perjalan Karir Bapak Pandu Dunia

Di sepanjang karir militernya, Baden Powell pernah bertugas sebagai mata- mata. Hal tersebut membuatnya diberangkatkan ke Jerman, Rusia dan Austria untuk mempelajari lebih dalam lagi tentang kemajuan teknologi dan militer terbaru.

Dalam mendirikan Gerakan Pramuka di tengah kesibukanya, ternyata tidaklah mudah. Pada tahun 1910, Baden Powell yang pada akhirnya memutuskan untuk mundur dari Angkatan Darat dan fokus menjadi ketua Komite Pelaksana Gerakan Pemanduan.

Baden Powell melakukan perjalanannya secara ekstensif demi untuk mempromosikan kepramukaan, termasuk dalam perjalanannya ke Amerika Selatan, Kanada, Rusia dan Hindia Barat. Beliau tidak hanya aktive dilapangan saja, namun juga aktif sebagai seorang penulis.

Bapak Pandu Dunia

Baden Powell Pensiun dari Ketentaraan

Pada tahun 1910, sesuai dengan saran Raja Edward V1 Baden Powell mengambil keputusan untuk pensiun dari jabatan ketentaraannya. Pangkat terakhir yang beliau jabat yaitu Letnan Jendral. Beliau memutuskan untuk pensiun karena ingin fokus pada pengembangan pendidikan kepramukaan atau kepanduan.

Pada tahun 1012, Vaden Powell bertemu dengan seorang wanita yang bernama Olave St Clair Soames di dalam kapal lawatan kepramukaan pada saat menuju ke New York. Pada tanggal 31 Oktober 1912, Baden Powell melakukan pernikahan dengan Olave St Clair dan dikarunia 3 orang anak,  dua perempuan dan satu laki- laki dan mereka tinggal di Hampshire Inggris.

Baden Powell Wafat

Pada tahun 1930, Bapak Pandu Dunia ini berhadapan dengan masalah kesehatannya dan mengalami beberapa penyakit. Dari mulai saat itu, Baden Powel mulai sakit- sakitan dan menurut dokter bahwa penyakitanya tersebut berasala dari psikomatis.

Hingga pada tanggal 8 Januari 1941Baden Powell menghembuskan nafas terakhirnya, yang kemudian dimakamkan di pemakaman St. Peter, Nyeri. Beberapa informasi tentang Baden Powell di atas, semoga dapat menambahkan wawasan mengenai asal mulanya didirikan kepramukaan di dunia.

 

 

Foto : @ambalan_udayana.darmapatni ⁣

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *