fbpx
 Arti dari Praja Muda Karana

Arti dari Praja Muda Karana

Pramuka merupakan salah satu kegiatan yang sudah tak asing lagi di kalangan para siswa dari SD hingga SMA. Banyak sekolah yang mewajibkan pramuka sebagai ekstrakurikuler wajib yang harus diikuti oleh semua siswa. Meski telah menjadi ekstrakurikuler wajib, masih ada beberapa siswa yang tak memahami arti penting dari Praja Muda Karana, atau pramuka.

Praja Muda Karana merupakan kepanjangan dari pramuka. Pemahaman mengenai pramuka dirasa cukup penting agar setiap siswa tak lagi malas untuk mengikuti kegiatan pramuka ini. Sebagian besar para siswa enggan untuk mengikuti pramuka karena dalam kepramukaan banyak kegiatan yang identik dengan lapangan dan panas-panasan, padahal pramuka sangat penting bagi pengembangan karakter siswa.

Pengertian Praja Muda Karana

Pramuka memiliki peranan yang penting dalam pembangunan bangsa dan negara. Melalui pramuka banyak tercipta generasi muda yang memiliki karakter pemimpin, bertanggung jawab, cerdas, serta kreatif. Melalui berbagai kegiatan dalam pramuka, seseorang bisa berproses menjadi pribadi yang lebih baik dengan karakter yang berkualitas.

Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang mempunyai makna jiwa muda yang suka berkarya. Sebelum kata pramuka ini ditetapkan, kata pramuka pertama asalnya diambil oleh Sultan Hamengkubuwono IX, yakni dari kata Poromuko, yang memiliki arti pasukan terdepan dalam perang.

Sementara itu gerapakan pramuka Indonesia adalah nama organisais non formal yang melaksanakan pendidikan kepanduan dan dilaksanakan di Indonesia. Kemudian yang dimaksud dengan kepramukaan adalan sebuah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah serta di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan yang menyenangkan, menarik, menyehatkan, teratur, praktis, terarah dan dilakukan di alam terbuka.

Praja Muda Karana

Makna Lambang Praja Muda Karana

Lambang gerakan pramuka menjadi tanda pengenal tetap yang mengkiaskan keadaan, sifat, nilai dan norma yang dimiliki oleh setiap anggota pramuka, serta dicita-citakan oleh gerakan pramuka. Tunas kelapa menjadi lambang gerakan pramuka yang memiliki makna filosfi tersendiri, arti dari filosofi lambang pramuka yaitu:

  1. Buah nyiur dalam keadaan tumbuh diberi nama cikal, lambang buah nyiur yang tumbuh ini memiliki makna bahwa setiap pramuka merupakan inti bagi kelangsungan hidup bangsa Indonesia.
  2. Buah nyiur dapat bertahan lama dalam keadaan apapun, lambang ini memiliki arti setiap pramuka adalah insan yang memiliki rohaniah dan jasmaniah sehat, ulet, dan kuat, serta besar tekadnya dalam menghadapi segala tantangan hidup.
  3. Nyiur bisa tumbuh di mana saja, memiliki makna bahwa setiap pramuka mampu menyesuaikan diri di dalam masyarakat, serta dimanapun ia berada, dan dalam keadaan apapun itu.
  4. Nyiur tumbuh menjulang lurus dan tinggi ke atas yang merupakan salah satu jenis pohon tertinggi di Indonesia. Lambang ini memiliki arti setiap pramuka mempunyai cita-cita yang tinggi dan lurus, yaitu jujur, mulia, serta tak mudah diombang-ambingkan oleh godaan.
  5. Akar nyiur tumbuh erat dan kuat dalam tanah, mempunyai makna tekad dan keyakinan setiap insan pramuka yang berpegang pda landasan serta dasar-dasar yang baik, kuat, benar, nyata untuk mencapai cita-cita.
  6. Nyiur merupakan pohon yang serba guna, dari ujung atas hingga akar, memiliki arti setiap insan pramuka merupakan manusia yang berguna dan membaktikan diri kepada kepentingan tanah air Negara Kesatuan Republik Indonesia serta pada sesama umat manusia.

Download vector Lambang Pramuka

Pengertian praja muda karana memiliki makna yang mendalam yang sangat berguna bagi generasi muda penerus estafet pembangunan bangsa. Pramuka telah melahirkan insan yang berguna bagi nusa dan bangsa. Stigma buruk mengenai kepramukaan harus dihapuskan karena kegiatan dalam pramuka bertujuan untuk mendidik siswa agar menjadi pribadi unggul yang berkualitas.

 

Credit images : @rizqie17

Pramuka Update

Media Pramuka Independent yang memiliki misi menjadi media pramuka rujukan dalam berlatih pramuka. Visi Pramuka Update adalah membangun konten siapapun dan dimanapun bisa mengakses materi pramuka terbaru dan terupdate.

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *