fbpx

Apa Itu Kepramukaan, Jawaban dan Contohnya

 Apa Itu Kepramukaan, Jawaban dan Contohnya

Artikel ini akan menjelaskan tentang apa itu kepramukaan, jadi jika Anda penasaran dengan sejarah kepramukaan kemudian ingin tahu lebih banyak tentang tujuan gerakan pramuka, maka artikel kepramukaan ini sangat cocok untuk Anda.

Untuk mengerti apa itu Kepramukaan, pembahasan dalam artikel ini akan dimulai dari sisi bahasa, sejarah, kemudian berbagai hal lainnya yang terkait dengan kepramukaan.

Dari segi bahasa, kepramukaan dapat dimaknai sebagi sebuah kegiatan yang ada dalam pramuka, dimana kegiatan tersebut biasanya berkaitan dengan kegiatan belajar dan pendidikan yang diadakan di alam bebas, bahkan pada prakteknya, kegiatan pramuka juga melatih peserta, bagaimana bertahan hidup dialam bebas dalam kondisi perbekalan minim.

Kerana “kepramukaan”dimakanai sebagai kegiatan yang ada didalam pramuka, maka harus tahu juga dong apa itu pramuka.

Apa Itu Kepramukaan
Foto Kegiatan Pramuka @arkeda_joe ⁣

Secara etimologi PRAMUKA adalah singkatan dari Praja Muda Karana.

Jika coba di breack down, maka Praja Muda Karana berarti adalah pemuda yang mempunyai semangat untuk berkarya, semangat juga bisa dimaknai sebagai etos kerja, kesungguhan dan keinginan mulia. Kurang lebih seperti itu.

Jika disebut pemuda, pemuda disini bukan berarti literly pria muda, tetapi pemuda disini bisa berarti anak-anak muda baik laki-laki maupun perempuan.

Nah mudah-mudahan beberapa pargraf diatas bisa menjelaskan pada Anda tentang Praja Muda Karana dan mengapa dikatakan pramuka.

Mungkin kemudian Anda bertanya “Lalu apa bedanya antara kepramukaan, PRAMUKA dan PRAMUKA sebagai sebuah organisasi?”

Oke, jadi begini.

Praja Muda Karana yang kemudian disingkat dengan PRAMUKA, biasanya diartiken sebagai subjeknya, orang yang melakukan kegiatan pramuka.

Sedangkan Kepramukaan merupakan berbagai kegiatan yang ada didalam gerakan PRAMUKA (organisasi PRAMUKA), dimaka Kepramukaan tersebut dilakukan oleh setiap PRAMUKA.

Sedangkan PRAMUKA sebagai sebuah organisasi, dikenal juga dengan sebutan sebagai gerakan PRAMUKA, dimana didalam gerakan PRAMUKA ini tersusun sebuah herearki kepengurusan, mulai dari Gugus Depan sampai dengan KWARNAS.

“Lalu apa saja sih kegiatan Kepramukaan itu?”

Untuk menjawab pertanyaan diatas, berikut beberapa kegiatan Kepramukaan yang umumnya diadakan :

  1. Yang pertama adalah Jambore, jika bicara jambore, maka sepertinya idektik dengan kemah. Hal tersebut memang benar, jambore adalah salah satu kegiatan kepramukaan. Dimana dalam Jambore seluruh PRAMUKA penggalang diundang untuk mengikuti kegitan tersebut;
  2. Selanjutnya ada yang dinamakan dengan Penjelajahan, seperti namannya “penjelajahan”, dimana dalam kegiatan ini, PRAMUKA penggalang bertemu atau bersama-sama melakukan penjelajahan. Kegiatan penjelajahan sendiri dimaksudkan untuk melatih dan mengaplikasikan kemampuan survival, ilmu medan, kemampuan membaca peta dan kompas;
  3. Kemudian, kegiatan kepramukaan yang lainnya adalah Perkemahan Wirakarya, seperti namanya, kegiatan ini tak jauh-jauh dengan kemah. Adapun peserta perkemahan wirakaryaadalah PRAMUKA Pandega dan PRAMUKA Penegak, pada prakteknya, perkemahan wirakarya biasanya berlangsung seiring kegiatan pembangunan yang diadakan sebuah kelompok warga;
  4. Kegiatan Kepramukaan yang keempat adalah Perkemahan Bakti, dimana dalam kegiata ini, kelompok PRAMUKA Penggalang maupun Penegak adalah pesertanya. Perkemahan Bakti atau yang juga dikenal dengan PB biasanya dilakukan bersamaan dengan kegiatan warga masyarakat disebuah desa atau kampung tertentu yang sedang mengadakan pembangunan;
  5. Selanjutnya ada kegiatan yang diamakan dengan Pengembaraan, salah satu hal yang membedakan ini dengan penjelajahan adalah pesertanya, peserta pengembaraan adalah PRAMUKA Pandega dan Penegak. Dalam kegiatan pengembaraan, seorang PRAMUKA dituntut untuk mempraktekkan pengetahuannya akan kemampuan survival, membaca kompas, medan dan peta;
  6. PPDK merupakan singkatan dari Pelatihan Pengelolaan Dewan Kerja, seperti nama kegitannya, isinya pun demikian, berisi tentang pelatihan dan pengelolaan, dimana pesertanya adalah dewan kerja baik dari PRAMUKA Penegak maupun Pandega;
  7. Selanjutnya, ada kegitan kepramukaan yang disebut dengan Ulang janji, dimana dalam kegiatan tersebut PRAMUKA Penegak dan Pandega, serta PRAMUKA dewasa akan mengucapkan janjinya, yakni janji Trisatya. Dimana hal tersebut dilaksanakan pada malam tanggal 14 Agustus setiap tahunnya.

Nah itu tadi berbagai kegiatan Kepramukaan, selain 7 kegiatan diatas, masih ada lagi bayak kegiatan Kepramukaan, namun karena artikel ini sudah cukup panjang, maka disebutkan 7 dahulu. Mudah-mudahan kegiatan Kepramukaan yang lainnya dapat dibahas diartikel yang lainnya.

Semoga setelah membaca keseluruhan artikel ini, Anda bisa mendapatkan pengetahuan tentang apa itu kepramukaan dan insight positif lainnya. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat dan sampai jumpa ditulisan yang lainnya.

Pramuka Update

Media Pramuka Independent yang memiliki misi menjadi media pramuka rujukan dalam berlatih pramuka. Visi Pramuka Update adalah membangun konten siapapun dan dimanapun bisa mengakses materi pramuka terbaru dan terupdate.

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *