fbpx

4 Tanggal dan Hari Penting Bagi Pramuka

 4 Tanggal dan Hari Penting Bagi Pramuka

pramukaupdate.id – Perlu kita ketahui 4 tanggal dan hari penting bagi pramuka. Sebagai salah satu pelajaran sejarah berdirinya Gerakan Pramuka. Organisasi kepanduan di Indonesia yang berada di bawah WOSM ini bernama Gerakan Pramuka yaitu gerakan kepanduan praja muda karana.

Berikut 4 Tanggal dan Hari Penting Bagi Pramuka, dan serangkaian peristiwa yang melatarbelakangi berdirinya Gerakan Pramuka:

Hari Tunas Gerakan Pramuka diperingati pada 9 Maret 1961. Peristiwa dimana Pidato Presiden/Mandataris MPRS dihadapan para tokoh dan pimpinan yang mewakili organisasi kepanduan yang terdapat di Indonesia bertempat di Istana Negara.



Gerakan pramuka didirikan berdasarkan Keputusan Presiden No. 238 tahun 1961 tanggal 20 Mei 1961, tentang ketetapan Gerakan Pramuka sebagai satu-satunya organisasi kepanduan yang ditugaskan menyelenggarakan pendidikan kepanduan bagia anak-anak dan pemuda Indonesia. Keputusan Presiden ini sebagai kelanjutan dan pembaharuan gerakan kepanduan nasional Indonesia.

Tanggal 20 Mei adalah; Hari Kebangkitan Nasional, namun bagi Gerakan Pramuka memiliki arti khusus dan merupakan tonggak sejarah untuk pendidikan di lingkungan ke tiga. Peristiwa ini kemudian disebut sebagai HARI PERMULAAN TAHUN KERJA.

4 Tanggal dan Hari Penting Bagi Pramuka
4 Tanggal dan Hari Penting Bagi Pramuka. Post by IG @nikennabela

Hari Ikrar Gerakan Pramuka diperingati pada tanggal 30 Juli 1961, Para wakil organisasi kepanduan di Indonesia yang dengan ikhlas menyatakan dan meleburkan diri ke dalam organisasi Gerakan Pramuka, dilakukan di Istana Olahraga Senayan.

Hari Pramuka sudah kita hafal dan ketahui bersama diperingati mulai tanggal 14 Agustus 1961, pada tanggal ini dilaksanakan Pelantikan Mapinas, Kwarnas dan Kwarnari di Istana Negara, serta penganugerahan Panji-Panji Gerakan Pramuka.

Selain itu juga dilaksanakan dilangsungkan defile anggota pramuka bertujuan untuk memperkenalkan secara resmi organisasi kepanduan Gerakan Pramuka Indonesia kepada masyarakat.

nah itu tadi 4 tanggal dan Hari Penting Bagi Pramuka yang melatarbelakangi berdirinya Gerakan Pramuka.



Tugas pokok organisasi Gerakan Pramuka adalah menyelenggarakan pendidikan kepramukaan bagi generasi muda, guna menumbuhkan tunas bangsa agar menjadi generasi yang lebih baik. Sanggup bertanggungjawab dan mampu membina serta mengisi kemerdekaan.

Tujuan Gerakan Pramuka adalah mendidik dan membina kaum muda Indonesia guna mengembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, sehingga menjadi :

a. Manusia berwatak, berkepribadian, dan berbudi pekerti luhur, yang :
1) tinggi moral, spritual, kuat mental, sosial, intelektual, emosional dan fisiknya;
2) tinggi kecerdasan dan mutu keterampilannya;
3) kuat dan sehat jasmaninya.

b. Warga Negara Republik Indonesia yang berjiwa Pancasila, setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia serta menjadi anggota masyarakat yang baik dan berguna, yang dapat membangun dirinya sendiri secara mandiri serta bersama-sama bertanggungjawab atas pembangunan bangsa dan negara, memiliki kepedulian terhadap sesama hidup dan alam lingkungan, baik lokal, nasional, maupun internasional (pasal 4 AD Gerakan Pramuka).

This is box title
Tersedia Kaos, Scarf, Topi, Buku Pramuka, Kemeja Lapangan. Bisa Pesan Satuan maupun Lusinan. Silahkan hubungi nomor CS untuk info lebih lanjut 0877-2264-2882 (Klik nomor langsung chat WA) . Bisa SMS, Call, WA.

Pramuka Update

Media Pramuka Independent yang memiliki misi menjadi media pramuka rujukan dalam berlatih pramuka. Visi Pramuka Update adalah membangun konten siapapun dan dimanapun bisa mengakses materi pramuka terbaru dan terupdate.

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *