fbpx

Ukuran Standar Bendera Semaphore

 Ukuran Standar Bendera Semaphore
Ukuran Standar Bendera Semaphore – Semaphore adalah salah satu cara untuk mengirim dan menerima berita/ isyarat dengan menggunakan bendera. Bendera Semafor merupakan media untuk pengiriman sandi dengan dua bendera, denga ukuran bendera masing-masing 45cm X 45cm. Ukuran ini merupakan ukuran standar yang digunakan di seluruh dunia.
Bentuk bendera semaphore persegi merupakan penggabungan dua buah segitiga sama kaki yang berbeda warna, sebaiknya menggunakan warna yang cerah. Warga yang digunakan sebenarnya  bermacam-macam, tetapi yang lazim digunakan adalah warna merah & kuning, dimana letak warna merah selalu berada di dekat tangkai/ ujung bendera (bagian atas)
Ukuran Standar Bendera Semaphore
Materi Pramuka Ukuran Standar Bendera Semaphore
Ukuran standar bendera semaphore itu 45 x 45 cm ukuran internasional. ada juga di Indonesia yang memakai ukuran 40 x 40 cm mungkin karena ukuran dari pemotongan di konveksi. bisa menggunakan tongkat yang panjangnya 75-80cm.
Pada zaman daulu, semafor digunakan untuk menyampaikan informasi-informasi yang berkaitan dengan perang maupun informasi lainya. Orang yang bertugas menyampaikan informasi dengan semafor, biasanya akan berdiri di tempat yang lebih tinggi dari permukaan tanah. Saat ini dalam pramuka, semaphore merupakan salah satu materi pramuka penggalang.
Bagaimana dengan warna bendera semafor? pada umumnya di Indonesia warna yang biasa di pakai dalam kegiatan kepramukaan berwarna merah dan oranye.  Sebenarnya warna bendera tergantung asal pesan itu dikirimkan, jika dikirimkan dari laut, maka benderanya berwarna merah dan oranye, jika dikirimkan dari darat maka bendera akan berwarna biru dan putih.
Namun sebenarnya warna bendera itu sendiri tidaklah terlalu penting, itu hanya merupakan pertanda agar pesan lebih mudah ditangkap.

Pramuka Update

Media Pramuka Independent yang memiliki misi menjadi media pramuka rujukan dalam berlatih pramuka. Visi Pramuka Update adalah membangun konten siapapun dan dimanapun bisa mengakses materi pramuka terbaru dan terupdate.

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *