Struktur Organisasi Gerakan Pramuka

Struktur Organisasi Gerakan Pramuka

Struktur Organisasi Gerakan Pramuka – Petunjuk Penyelenggaraan ini dimaksudkan untuk dapat digunakan sebagai pedoman dalam mengatur organisasi, tugas, dan tata kerja kwartir dan satuan Gerakan Pramuka. Tujuannya agar dapat terjamin adanya keseragaman dalam pembinaan dan
pengembangan Gerakan Pramuka, sehingga terdapat suatu keserasian yang mantap.

Dasar Struktur Organisasi Gerakan Pramuka

Aturan mengenai pengorganisasian gerakan pramuka di atur dalam keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 220 tahun 2007 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pokok-Pokok organisasi Gerakan Pramuka.

Aturan ini ditetapkan di Jakarta pada 23 November 2007 oleh Ketua Kwarnas Prof. DR. Dr. H. Azrul Azwar, MPH

Beberapa hal yang ada dalam pendahuluan jukran pokok-pokok organisasi gerakan pramuka diantaranya adalah:

Kepanduan

Kepanduan (scouting) adalah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan diluar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat,teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan prinsip dasar danmetode pendidikan yang baku, yang sasaran akhirnya pembentukan watak, akhlak, dan budi pekerti luhur.

Kepramukaan

Kepramukaan adalah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan, yang sasaran akhirnya pembentukan watak, akhlak dan budi pekerti luhur.

Kepramukaan adalah system pendidikan kepanduan yang disesuaikan dengan keadaan, kepentingan dan perkembangan masyarakat dan bangsa Indonesia.

Gerakan Pramuka

Gerakan Pramuka adalah organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan kepramukaan bagi kaum muda guna menumbuhkan tunas bangsa agar menjadi generasi yang lebih baik, bertanggung jawab, mampu membina dan mengisi kemerdekaan nasional serta membangun dunia yang lebih baik. Gerakan Pramuka adalah Gerakan Kepanduan Nasional Indonesia.

Kaum muda adalah anak-anak dan pemuda Indonesia yang berusia 7 tahun sampai dengan 25 tahun.

Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan adalah dua unsur proses pendidikan terpadu yang harus diterapkan dalam setiap kegiatan dan merupakan ciri khas yang membedakan kepramukaan dari pendidikan lain.

Kwartir

Kwartir adalah Pengurus Gerakan Pramuka di tiap tingkat/wilayah pemerintahan dari pusat sampai daerah.

Pramuka

Pramuka adalah sebutan bagi pesertadidik Gerakan Pramuka untuk golongan Siaga, Penggalang, Penegak, dan Pandega.

Gambar Struktur Organisasi Gerakan Pramuka

STRUKTUR ORGANISASI GERAKAN PRAMUKA
Gambar STRUKTUR ORGANISASI GERAKAN PRAMUKA

Pramuka Update

https://pramukaupdate.id/

Media Pramuka Independent yang memiliki misi menjadi media pramuka rujukan dalam berlatih pramuka. Visi Pramuka Update adalah membangun konten siapapun dan dimanapun bisa mengakses materi pramuka terbaru dan terupdate. Kontak kolaborasi & media partner WA 0877-2264-2882

Related post