Raimuna dalam Dunia Kepramukaan

Raimuna dalam Dunia Kepramukaan menjadi sesuatu hal yang sudah tidak asing lagi bagi seorang anggota pramuka. Dalam dunia pramuka ada banyak rangkaian kegiatan yang bisa diikuti oleh anggotanya. Salah satunya yaiu kegiatan raimuna yaitu salah satu kegiatan penting dan rutin dilaksanakan. Pertemuan-pertemuan penting dalam pramuka juga tak boleh dilewatkan, raimuna menjadi pertemuan penting dalam kepramukaan.

Berbagai kegiatan yang dilaksanakan dalam gerakan pramuka ini tentunya disesuaikan dengan kebutuhan serta perkembangan jiwa setiap peserta didik, kegiatan-kegiatan ini juga memiliki tujuan akhir dalam proses pembinaan, yakni pembentukan watak yang memiliki karakter kuat, tegas, serta mandiri. Pramuka ini sangat dibutuhkan setiap pelajar agar semakin menjadi pribadi yang tegar.

Pengertian dan Tingkatan Raimuna

Raimuna merupakan sebuah pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam bentuk perkemahan besar di Indonesia, serta diselenggarakan oleh Kwartir Gerakan Pramuka. Pelaksanaan Raimuna mulai dari tingkat kwartir ranting atau kecamatan, hingga tingkat nasional.

Raimuna berasal dari bahasa Ambai, daerah Yapen Timur, Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua. Kemudian kata raimuna merupakan gabungan dari dua kata, yakni rai danĀ  muna, rai memiliki arti sekelompok orang yang berkumpul untuk mencapai tujuan tertentu, lalu muna adalah daya jiwa seseorang yang berpengaruh baik dalam pencapaian kesuksesan.

foto raimuna cabang sukabumi

Raimuna dalam Dunia Kepramukaan

Raimuna memiliki 4 tingkatan yakni:

  1. Raimuna di tingkat Kwartir Ranting

Raimuna pada tingkat ini disebut juga dengan raimuna ranting, disingkat Rairan. Pelaksanaan rairan yakni setahun sekali. Sementara itu peserta dari raimuna ranting adalah pramuka penegak dan pramuka pandega yang merupakan perwakilan dari masing-masing gugus depan dalam wilayah kwartir ranting kecamatan.

  1. Raimuna di tingkat Kwartir Cabang

Disebut juga dengan Raimuna Cabang dan disingkat Raicab, diselenggarakan setiap 2 tahun sekali. Pesertanya adalah pramuka penegak dan pramuka pandega perwakilan dari kwartir ranting yang terdapat di kwartir cabang tersebut.

  1. Raimuna di tingkat Kwartir Daerah

Disebut Raimuna daerah (Raida). Diselenggarakan setiap 3 tahun sekali serta pesertanya adalah pramuka penegak dan pramuka pandega yang terdapat di kwartir daerah atau provinsi.

  1. Raimuna di tingkat Kwartir Nasional

Raimuna ini disebut juga raimuna nasional atau biasa disingkat Rainas. Raimuna Nasional diadakan setiap 5 tahun sekali, serta diikuti oleh pramuka penegak dan pramuka pandega perwakilan dari kwartir daerah atau provinsi.

Contoh Kegiatan Raimuna. foto by DKR Kanor

Manfaat Penting dari Raimuna

Kegiatan-kegiatan dalam raimuna merupakan kegiatan yang disesuaikan dengan aspirasi dari pemuda-pemudi Indonesia, kemampuan para Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega, serta disesuaikan dengan kepentingan dan kebutuhan masyarakat setempat.

Banyak sekali hal positif yang bisa didapatkan dari kegiatan raimuna. Kegiatan raimuna juga dititikberatkan pada peningkatan pada kemantapan fisik, mental, pengetahuan, keterampilan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega. Manfaat dari raimuna antara lain:

  1. Mengembangkan serta membina kepemimpinan, kemampuan mengelola organisasi beserta kegiatannya.
  2. Mampu membina dan mengembangkan fisik, mental, pengetahuan, kecakapan, serta keterampilan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega.
  3. Mengadakan pertukaran pengalaman, pendapat, pandangan, serta kecakapan diantara Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega.
  4. Membiasakan hidup bersama serta bergotong-royong, dan menanamkan sifat toleransi serta kesetiakawanan.
  5. Memberikan kepercayaan dan kesempatan kepada Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk belajar serta menambah pengalaman dalam penyelenggaraan acara pertemuan besar dari, oleh, dan untuk para Pramuka Penegak serta Pandega yang berada di bawah bimbingan dan pengawasan pembina serta tanggung jawab Kwartir yang bersangkutan.

Raimuna dalam Dunia Kepramukaan

Raimuna dalam kepramukaan juga mampu membuat pribadi dari pesertanya semakin berkualitas, beragam kegiatan yang ada dalam raimuna dapat dipastikan akan sulit kamu lupakan karena keseruanna begitu membekas.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *