Pramuka Siaga – Materi Dasar dalam Mengenal Golongan Pramuka

Siaga merupakan sebutan untuk anggota pramuka yang memiliki umur antara 7 sampai dengan 10 tahun. Adapun disebut sebagai pramuka siaga dikarenakan hal tersebut sesuai dengan kiasan (kiasan dasar) saat masa-masa perjuangan bangsa Indonesia, yaitu saat rakyat Indonesia telah berhasil menyiagakan dirinya sendiri guna mencapai suatu kemerdekaan sehingga berdirilah Boedi Oetomo.

Istilah-istilah dalam pramuka siaga

  1. Kode kehormatan

Kode Kehormatan yang terdapat pada pramuka siaga sendiri terdiri atas dua bagian yaitu, dwi satya atau biasa juga disebut sebagai janji pramuka siaga dan dwi darma atau ketentuan moral pramuka siaga).

  1. Dwi Satya

Dwi satya mengandung arti demi kehormatanku, aku berjanji akan bersungguh-sungguh dalam menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan, Negara Kesatuan Indonesia dan mengikuti tata krama keluarga, setiap hari berbuat kebajikan.

  1. Dwi Darma

Pada dwi darma juga mengandung arti jika pramuka siaga adalah siaga berbakti kepada ayah dan ibundanya, siaga berani dan tidak putus asa

Jika kamu lihat dua kode kehormatan yang telah disebutkan di atas adalah sebuah standar moral bagi seorang yang telah menjadi prmuka siaga ketika sedang bertingkah laku di masyarakat. Jadi jikalau ada seseorang dari anggota pramuka siaga yang tingkah lakunya tidak berdasarkan atau sesuai dengan standar moral ini, maka bisa dikatakan jika dia belum dapat disebut pramka siaga seutuhnya.

Pramuka Siaga

Pemakaian atribut pramuka siaga

Adapun memang bentuk dan pemasangan atribut pada pakaian seragam pramuka siaga adalah

  1. Tanda Tutup Kepala.

Atribut ini memiliki bentuk lingkaran untuk putri dan jajar genjang untuk putra dengan menggunakan warna dasar hijau, tanda ini dipasang pada topi pramuka bagian depan.

  1. Tanda Pandu Dunia (WOSM).

Ciri khasnya adalah memiliki warna dasar ungu, tanda untuk putri berbentuk lingkaran yang dipasang pada kerah baju bagian kanan. Sedangkan tanda untuk putra nya sendiri berbentuk persegi yang dipasang di dada berada pada papan nama, sebelah kanan.

  1. Tanda Pelantikan.

Memiliki warna dasar cokelat tua, untuk putri sendiri memiliki bentuk lingkaran yang di pasang pada kerah baju bagian kiri. Sedangkan tanda untuk putra dipasang pada dada sebelah kiri tepat di bawah lipatan baju.

  1. Papan Nama.

Memiliki warna dasar cokelat muda, baik putra ataupun putri dipasang pada bagian dada bagian kanan di atas lipatan baju dan juga berada di bawah tanda pandu dunia (WOSM).

  1. Tanda Lokasi Kwarcab.

Pada tanda ini sendiri memuat nama dari kwartir cabang (Kabupaten/Kota) anggota pramuka tinggal. Baik putra ataupun putri dipasang pada lengan baju di sebelah kanan paling atas.

  1. Tanda Gugusdepan.

Tanda ini terdiri atas nomor gugusdepan dimana setiap anggota pramuka tersebut bergabung. Baik putra ataupun putri yang dipasang pada lengan baju sebelah kanan, tepat di bawah danda lokasi Kwarcab tadi. Perlu kamu ketahui jika anggota putri, nomor gudepnya adalah genap dan untuk putri memiliki nomor ganjil.

  1. Lencana / Badge Daerah.

Lencana yang mengandung arti sebagai lambang kwartir daerah di mana setiap anggota pramuka tinggal. Lencana ini dipasang pada lengan baju pramuka sebelah kanan, di bawah tanda gugusdepan.

Selain tanda-tanda atau atribut pramuka siaga sebagaimana yang telah disebutkan di atas, pakaian seragam pramuka juga bisa dipasangi tiska atau tanda ikut serta kegiatan, lencana dan juga tanda pramuka garuda, serta tanda penghargaan lainnya. Lencana pramuka garuda yang memiliki bentuk medali dengan pita akan dikalungkan di leher bersama-sama setangan leher pramuka tersebut.

 

Foto : neva_fidela

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *