Daftar Perlengkapan Kelompok Saat Kemah yang Harus Dibawa

Photo by Baihaki Hine on Pexels.com

Daftar Perlengkapan Kelompok Saat Kemah yang Harus Dibawa

Berkemah merupakan salah satu kegiatan yang paling mengasyikkan ketika pramuka. Selain belajar mandiri, berkemah juga mengajarkan cara berinteraksi dengan kelompok. Setiap orang harus membawa perlengkapan kelompok saat kemah yang akan digunakan selama acara.

Perlengkapan tersebut dibagi sesuai dengan jumlah peserta dalam satu kelompok. Selain membawa peralatan untuk kelompok, anggota pramuka dalam kelompok tersebut juga harus membawa perlengkapan pribadi yang memang sangat personal.

Photo by Baihaki Hine on Pexels.com

Perlengkapan Kelompok Saat Kemah yang Wajib Dibawa

Berikut ini merupakan beberapa perlengkapan yang wajib agar acara berkemah bisa berjalan dengan lancar. Jika kurang satu saja, maka bisa jadi satu kelompok akan mengalami kesulitan.

  1. Tenda Pramuka

Tidak ada kemah tanpa tenda. Maka benda yang satu ini pasti wajib untuk dibawah. Besar dan kecilnya tenda tentu tergantung dengan banyak sedikitnya anggota, begitu juga dengan jumlah tenda yang harus dibawa.

Selain tenda, juga harus dibawa alat-alat lain yang menunjang pendirian tenda. Alat tersebut antara lain pasak, tiang, tali, alas agar tidak langsung terkena tanah sampai palu. Namun, palu bisa dicoret dan diganti dengan menggunakan batu besar yang ada di sekitar lokasi.

  1. Peralatan dan Bahan Memasak

Ketika berkemah, semua anggota pramuka akan diajari cara untuk mandiri, termasuk dalam hal masak-memasak. Maka tentunya dibutuhkan peralatan memasak untuk bisa menghadirkan hidangan bagi anggota.

Alat yang wajib dibawa adalah kompor/tungku, wajan, panci, cerek dan perlengkapan kelompok saat kemah untuk memasak lainnya. Tidak lupa pula tentu bahan masakan serta alat makan. Bahan makanan yang dibawa tentu sesuai dengan kesepakatan anggota kelompok.

Tiap kelompok bisa saja membawa bahan makanan yang berbeda sebab menu masakan yang akan dimasak pun berbeda. Bahan yang jelas harus dibawa adalah beras dan mi instan. Selain itu juga harus ada garam dan gula serta air kemasan. Di luar itu bisa disesuaikan dengan kebutuhan. 

  1. Bendera dan Identitas Kelompok

Untuk membedakan satu kelompok dengan kelompok lainnya tentu tiap kelompok juga harus membawa identitas masing-masing. Umumnya, tiap kelompok memiliki bendera tersendiri yang akan dipasang di dekat tenda. Selain itu, juga harus membawa bendera merah putih, bendera Gudep dan lain sebagainya. 

  1. Peralatan Tambahan

Peralatan ini memang bukan peralatan utama yang dibutuhkan saat berkemah, tetapi jika barang-barang ini dibawa maka akan meringankan pekerjaan yang ada. Misalnya tikar untuk duduk maupun alas tenda, korek api untuk menyalakan tungku maupun keperluan lainnya hingga ember dan lampu atau senter. 

Perlengkapan Pribadi yang Harus Dibawa Saat Kemah

Selain perlengkapan kelompok saat kemah, tiap anggota juga harus membawa barang-barang pribadi. Barang-barang ini dibawa sesuai dengan kondisi masing-masing anggota. 

  1. Ransel dan Tas Jinjing

Saat berkemah ada banyak barang yang harus dibawa, maka penggunaan tas ransel dinilai lebih efektif dibandingkan dengan tas jenis lainnya. Selain tas ransel, barang-barang yang akan sering digunakan juga bisa diletakkan di dalam tas jinjing.

  1. Baju

Selain pakaian pramuka lengkap, anggota pramuka juga harus membawa baju olahraga dan pakaian ibadah. Bukan hanya itu, baju ganti ketika sedang bersantai atau beristirahat juga wajib dibawa. Ditambah lagi dengan jaket, kaos kaki maupun kaos tangan, topi, syal dan perlengkapan tambahan lainnya. 

Untuk memisahkan pakaian bersih dan kotor, ada baiknya juga untuk membawa kantong plastik beberapa buah. 

  1. Obat Pribadi

Ada kalanya seseorang memiliki penyakit atau alergi yang timbul saat situasi tertentu. Untuk menghindari hal tersebut, maka tiap anggota wajib membawa obat-obatan pribadi mereka.

Membawa perlengkapan kelompok saat kemah akan mengajarkan rasa tanggung jawab bagi tiap kelompok. Perlengkapan tersebut pastinya juga akan digunakan selama berkemah. Perlengkapan tidaklah harus mewah, sebab yang terpenting adalah masih bisa digunakan dan mudah dibawa.

 

 

Pramuka Update

https://pramukaupdate.id/

Media Pramuka Independent yang memiliki misi menjadi media pramuka rujukan dalam berlatih pramuka. Visi Pramuka Update adalah membangun konten siapapun dan dimanapun bisa mengakses materi pramuka terbaru dan terupdate.

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published.