Pentingnya Salam Pramuka dalam Dunia Kepramukaan

Salah satu kegiatan yang tak mungkin dilupakan ketika menjadi pelajar adalah kegiatan pramuka. Ekstrakurikuler pramuka menjadi salah satu kegiatan wajib yang harus diikuti oleh seluruh siswa dari tingkat Sekolah Dasar hingga SMA. Salah satu aspek pentingnya yang harus dipahami dalam dunia kepramukaan adalah materi mengenai salam pramuka.

Pramuka mampu membangun karakter seseorang menjadi lebih santun, kuat, mandiri, serta cinta tanah air. Berbagai kegiatan dalam pramuka sangatlah seru, para anggotanya pun dituntut untuk lebih menyatu dengan alam. Tak heran jika banyak siswa yang merasa senang dan gembira ketika sudah terjun dalam dunia pramuka.

Pengertian dan Fungsi Salam Pramuka

Dalam setiap kegiatan pasti diawali menggunakan salam sebagai tanda penghormatanpada setiap peserta kegiatan tersebut. Hal itu juga berlaku dalam dunia pramuka yang memiliki salam tersendiri yang sangat khas. Adalah salam pramuka yang menjadi bentuk penghormatan kepada sesama anggota pramuka yang lainnya, salam pramuka memang berbeda dengan yang lainnya.

Pentingnya Salam Pramuka
Pentingnya Salam Pramuka

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, salam memiliki arti damai, atau pernyataan hormat. Sementara itu, pramuka adalah warga negara Indonesia yang aktif dalam pendidikan kepramukaan dan mengamalkan Satya Pramuka serta Darma Pramuka. Jadi, pengertian salam pramuka yaitu bentuk penghormatan serta penghargaan kepada sesama pramuka.

Salam pramuka merupakan sebagai perwujudan dari sikap menghormati atau menghargai dari insan pramuka kepada pramuka yang lainnya, serta menggunakan tata cara dan ketentuan yang khusus. Kebiasaan menggunakan salam dalam pramuka membuat setiap anggota pramuka semakin memiliki rasa hormat kepada sesama.

Salam pramuka ini selain memiliki makna yang sangat penting juga mempunyai fungsi yang tak kalah penting pula. Manfaat salam pramuka antara lain:

  1. Guna menciptakan tata tertib serta mewujudkan suatu ikatan jiwa yang kuat.
  2. Untuk melatih dan melahirkan kedisiplinan pada setiap anggota pramuka.
  3. Agar dapa mencapai kebiasaan baik dengan adanya kebiasaan saling menyampaikan penghormatan yang dilakukan secara tertib.

Jenis Salam Pramuka

Salam pramuka rupanya bukan hanya sekadar salam biasa. Pentingnya salam pramuka tak seperti salam pada umumnya, salam pramuka rupanya memiliki tingkatan atau jenis yang berbeda-beda. Macam-macam salam pramuka antara lain:

  1. Salam biasa

Salam biasa yakni salam yang diberikan pada sesama anggota pramuka, dalam penerapannya siapa yang lebih dahulu melihat sesama anggota maka ia yang harus memberikan salam terlebih dahulu tanpa harus diberi aba-aba. Salam ini bisa diberikan sambil duduk, berjalan, naik kendaraan, jadi pengucapannya tidak harus berhenti terlebih dahulu.

  1. Salam hormat

Salam ini adalah salam yang diberikan kepada seseorang atah sesuat hal yang memiliki kedudukan lebih tinggi, seperti bendera kebangsaan saat dikibarkan atau disimpan dalam upacara, jenazah yang sedang lewat saat akan dimakamkan, kepala negara beserta wakilnya, para duta besar, panglima tinggi, tamu negara, para menteri, pejabat, dan lagu Kebangsaan Indonesia Raya ketika dinyanyikan saat upacara.

  1. Salam janji

Salam janji merupakan salam yang dilakukan ketika terdapat anggota pramuka yang sedang dilantik. Pemberian salam ini yaitu dilakukan ketika pramuka yang dilantik mengucapkan janji (satya) yakni Tri Satya atau Dwi Satya. Salam janji juga diberikan saat pengucapan janji Trisatya dalam acara ulang janji.

Salam pramuka menjadi hal istimewa dan penting dalam dunia kepramukaan, maka dari itu pengucapannya haruslah lantang dan tegas. Salam pramuka mencerminkan sikap dari para anggota pramuka yang sangat menghargai dan menghormati sehingga keakraban pun sangat terlihat dalam pramuka.

 

Credit: alikhlash.media

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *