Pengertian Sandi dan Materi Pramuka – Mengenal Sandi

Komunikasi merupakan suatu hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Komunikasi yang dilakukan sehari- hari bisa dilakukan secara langsung dengan bahasa Indonesia ataupun bahasa daerah masing- masing. Dalam kegiatan kepramukaan ada materi pramuka- mengenal sandi. Dalam kegiatan tersebeu biasanya ada komunikasi yang dilakukan menggunakan sandi.

Sandi di dalam kepramukaan digunakan sebagai media pembelajaran bagi semua anggota Pramuka untuk semua golongan, baik golongan siaga, penggalang, penegak maupun pandega. Pemakaian sandi dalam kepramukaan harus disesuaikan dengan tingkatan ilmu yang di miliki pada setiap golongan. Sehingga sandi tersebut dapat dipahami dan dimengerti anggota Pramuka.

Pengertian Sandi dan Materi Pramuka- Mengenal Sandi Mulai dari Tingkat Dasar

Menurut istilah, kata sandi berasal dari bahasa sanskerta yang artinya menyembunyikan atau rahasia. Sedangkan kata sandi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berarti kode atau rahasia. Jadi, sandi Pramuka yaitu suatu tulisan yang berbentuk huruf sandi yang sulit untuk dipahami oleh kaum awam yang belum mempelajarinya.

Meskipun disebut dengan sandi Pramuka, akan tetapi penggunaannya tidak hanya dalam kegiatan Pramuka saja. Huruf sandi tersebut juga dipakai dalam dunia kemiliteran dan kepolisian untuk keperluan tertentu. Jadi bagi siapapun yang mempelajari sandi Pramuka memiliki banyak sekali manfaat.

Materi pramuka - mengenal sandi

Sejarah Sandi Pramuka

Munculnya sandi berawal dari para pahlawan pada zaman dahulu yang sering melakukan perjalanan dengan berkelana dan berpindah-pindah tempat. Untuk itu mereka harus Menggunakan suatu bentuk komunikasi rahasia yang tidak diketahui oleh lawan. Mereka kemudian menciptakan sandi untuk mengelabui musuh-musuhnya.

Munculnya huruf sandi yaitu berwal dari para pahlawan zaman dahulu yang sering melakukan petualangan dan berpindah- pindah tempat. Oleh sebab itu mereka harus menggunakan komunikasi rahasia agar tidak diketahui oleh lawannya. Kemudian mereka menciptakan sandi agar dapat mengelabuhi musuh- musuhnya.

Macam- Macam Sandi Pramuka yang terkenal

  • Sandi Merah Putih/ koordinat

Sandi koordinat sering disebut sandi merah putih. Cara menggunakan sandi ini yaitu dengan membuat kata kunci MERAH PUTIH didalam sebuah tabel, dimana kata MERAH untuk bagian baris dan PUTIH untuk bagian kolomnya. Sedangkan untuk bagian tabel yang kosong Anda isi dengan huruf A sampai huruf Z.

Dengan begitu, maka dapat dilihat huruf A dituliskan dengan PM atau pada baris P kolom M dan seterusnya.

  • Sandi Morse

Sandi Morse merupakan salah satu sandi Pramuka yang diciptakan oleh Samuel Finley Breese Morse. Sandi ini terdiri dari kumpulan garis dan titik yang kemudian membentuk suatu huruf ataupun kalimat.

  • Sandi Rumput

Sandi rumput merupakan aplikasi turunan dari sandi morse. Sandi rumput bentuknya juga menyerupai rumput, Yang mana pada sebuat titik sandi morse ditulikan dengan menggunakan rumput yang pendek. Sedangkan untuk garis pada sandi morse dituliskan dengan menggunakan rumput yang tinggi.

  • Sandi Braille

Sandi Braille merupakan salah satu sandi Pramuka yang sangat bermanfaat untuk kehidupan sehari- hari. Sandi ini biasanya digunakan untuk para tuna netra, huruf- huruf braille memiliki enam titik timbul yang mudah diraba oleh tuna netra untuk membacanya.

  • Sandi Angka

Sandi angka merupakan salah satu sandi Pramuka yang ara penggunaannya dengan cara memberikan penomoran pada masing- masing alphabet. Huruh A berarti angka 1, huruf B berarti angka 2 dan setrusnya hingga huruf Z.

Materi pramuka- mengenal sandi di atas dapat dijadikan refrensi bagi Anda yang sedang ingin mengetahui lebih banyak tentang kepramukaan, mulai dari pengertian sandi dan macam- macam sandi yang terkenal.

sumber foto: doramis_scoutt

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *