Pengertian Barung Adalah Sebagai Berikut

Bagikan artikel ini yuk!

Pramuka memiliki 4 tingkatan yaitu siaga, penggalang, penegak dan pandega. Salah satu istilah dalam tingkatan pramuka siaga adalah barung. Barung adalah istilah yang biasanya disebutkan dalam tingkatan pramuka awal yang terdiri dari anak-anak. 

Adapun untuk pramuka tingkatan siaga merupakan tingkatan pertama yang terdiri dari anak SD dengan usia 7 sampai 10 tahun. Julukan siaga ini mengartikan bahwa kesiapsiagaan dari bangsa Indonesia untuk mencapai kemerdekaan dan istilah yang sudah digunakan sejak 1908. 

Istilah Barung Adalah

Bagi Anda yang baru bergabung menjadi anggota pramuka mungkin jarang mendengar istilah barung ini. Barung menggambarkan sebuah satuan terkecil pada tingkatan siaga dalam pramuka dan biasanya terdiri dari 5 sampai dengan 10 orang beserta pemimpin barungnya. 

Kemudian ada juga istilah lain yaitu perindukan yang merupakan kumpulan satuan dari beberapa barung. Adapun untuk pemimpin barung itu sendiri yang menentukan adalah dari pihak anggotanya dengan cara musyawarah. 

Pemimpin barung ini nanti akan menentukan siapa di antara anggotanya yang akan menjadi Pemimpin Barung Utama atau dipanggil dengan nama Sulung. Sebuah perindukan yang di dalamnya terdapat beberapa barung nantinya akan dipimpin oleh Sulung ini. 

Barung Pramuka adalah barung adalah
Arti dari barung adalah satuan terkecil dalam pramuka siaga. Pramuka siaga. Parsito Humas Kwarcab

Tingkatan Dalam Pramuka Siaga

Berdasarkan penjelasan di atas bahwa arti dari barung adalah satuan terkecil dalam pramuka siaga. Pramuka siaga adalah anggota yang berada di jenjang awal dan terbagi lagi menjadi beberapa tingkatan. Hal ini juga sudah dijelaskan dalam Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. 

Sebuah buku berjudul Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar yang terbit pada tahun 2014 ini menjelaskan bahwa terdapat 3 tingkatan pramuka siaga. Ketiga tingkatan tersebut adalah Mula, Bantu, dan Tata, berikut penjelasan selengkapnya. 

1. Siaga Mula

Siaga Mula merupakan tingkatan yang di mana para anggota akan diajarkan tentang aturan agama serta budaya lain. Apapun keyakinan yang dianutnya, seorang Siaga Mula harus memiliki pengetahuan tentang semua agama yaitu Islam, Protestan, Katolik, Budha, dan Hindu.

Pelajaran lainnya adalah mengenai Dwidarma dan Dasadarma Pramuka yang penting untuk dipahami. Ada juga materi lain tentang mengenal sesama anggota pramuka, gerakan dasar dalam senam pramuka, kesehatan, kebersihan, teknologi, jenis tanaman binatang, dan kerapihan.

Semua hal di atas harus dipahami oleh anggota Siaga Mula selama 1 bulan. Dalam waktu 1 bulan itu, nantinya anggota akan dididik oleh kakak pembina. 

2. Siaga Bantu

Sesuai dengan pengertian barung adalah satuan terkecil dalam Pramuka Siaga, tingkatan kedua dari jenjang siaga setelah Mula adalah Bantu. Pada Siaga Mula, anggota mungkin hanya diperkenalkan saja apa syarat kecakapan, akan tetapi pada jenjang ini, anggota harus sudah memahaminya. 

Untuk materi keagamaan, anggota Siaga Bantu akan diminta untuk memahami makna toleransi dalam beragama serta aturan-aturan setiap keyakinan. Selain itu, Anda juga harus dapat memahami isi dari Dwidarma dan Dwisatya serta memahami setiap fungsi organ pada tubuh manusia selama 2 bulan.

3. Siaga Tata

Tingkatan terakhir dalam jenjang Siaga adalah Siaga Tata yang tidak hanya mengenal serta memahami semua materi di atas, melainkan juga harus bisa mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Anggota dari Siaga Tata harus bisa menghargai dan menghormati kegiatan dari agama lain. 

Seperti ketika ada teman yang berbeda keyakinan sedang beribadah, maka harus bisa menghormati dan bersikap toleran terhadap perbedaan itu. Penjelasan di atas mengenai pengertian dari barung adalah satuan terkecil dari jenjang Siaga pada Gerakan Pramuka. Barung terdiri dari 5 sampai 10 orang dengan satu orang pemimpin dan dalam jenjang Siaga terdapat 3 tingkatan yaitu Mula, Bantu, dan Tata.

Belanja Atribut Pramuka Lengkap

Yuk belanja kebutuhan kegiatan pramukamu di kedaipramuka.net

Bagikan artikel ini yuk!
Pramuka Update
Pramuka Update

Media Pramuka Independent yang memiliki misi menjadi media pramuka rujukan dalam berlatih pramuka. Visi Pramuka Update adalah membangun konten siapapun dan dimanapun bisa mengakses materi pramuka terbaru dan terupdate.

Kontak kolaborasi & media partner WA 0877-2264-2882

Tinggalkan Balasan