Nama Sangga Pramuka Penegak

Bagikan artikel ini yuk!

Nama Sangga Pramuka – Sangga merupakan salah satu wadah pembinaan peserta didik di usia penegak. Sangga kelompok belajar interaktif teman sebaya dengan jumlah anggota 4-8 orang pramuka penegak. Sangga memiliki arti gubug atau rumah kecil di sawah (saung).

Sebelum menuju ke nama sangga pramuka kita coba ulas secara singkat apa itu ambalan.

Ambalan

Ambalan adalah satuan gerak untuk golongan Pramuka Penegak, yang menghimpun sangga dan dipimpin olehPradana dengan pendamping Pembina Ambalan.

Ambalan Penegak idealnya terdiri atas 12-32 Pramuka Penegak yang dibagi menjadi 3 -4 kelompok yang disebut Sangga.

Ambalan Penegak menggunakan nama dan lambang yang dipilih mereka sesuai aspirasinya dan mengandung kiasan dasar yang menjadi motivasi kehidupan ambalan.

Nama Ambalan bisa diambil dari tokoh pahlawan, masyarakat, cerita rakyat maupun pewayangan.

Pengertian Sangga Pramuka

Apa Itu Sangga?

Sangga adalah kelompok belajar interaktif teman sebaya usia antara 16-20
tahun.

Berapa Jumlah Anggota Sangga?

Jumlah anggota sangga adalah 4-8 orang pramuka penegak.

Pembentukan sangga dilakukan oleh para pramuka penegak sendiri.

Sangga dipimpin secara bergantian oleh seorang Pemimpin Sangga yang dipilih oleh dan dari para anggota Sangga.
Diantara Pemimpin Sangga dipilih salah seorang dari dan oleh mereka untuk melaksanakan tugas di tingkat A mbalan yang disebut Pradana. Pradana tersebut tetap memimpin Sangganya.

Nama sangga dipilih di antara nama-nama perintis, pencoba, pendobrak, penegas dan pelaksana. Nama tersebut merupakan identitas sangga dan mengandung kiasan dasar yang dapat memberikan motivasi kehidupan sangga.

Dalam Keputusan Kwarnas No. 231 Tahun 2007 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Gugusdepan Gerakan Pramuka nama sangga bisa dipilih nama lain sesuai aspirasi mereka.

Arti Kiasan Nama Sangga dan sejarahnya

Nama-nama dari sangga tersebut bukan hanya sebuah nama, namun ada sejarahnya. Nama-nama tersebut diambil dari sejarah dan peristiwa penting bangsa indonesia. Berikut adalah sejarah dan urutan sangga :

1. Perintis, nama sangga perintis diambil dari peristiwa perjuangan para pahlawan bangsa di berbagai daerah di Indonesia sebelum tahun 1908, yaitu saat dimana bangsa indonesia masih dalam masa penjajahan, dan bangsa indonesia mulai merintis dan menyatukan kekuatan untuk berjuang untuk melawan para penjajah.

2. Pencoba, nama sangga pencoba diambil dari peristiwa berdirinya Boedi Oetomo pada 20 Mei tahun 1908. Pada tanggal ini telah terjadi peristiwa Kebangkitan nasional dimana bangkitnya semangat persatuan, kesatuan, dan nasionalisme serta kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia melalui oranisasi nasional, yang sebelumnya tidak pernah muncul selama penjajahan 300 tahun sebelumnya. NB : Dalam teori / materi lain menerangkan bahwa sangga pencoba, diambil untuk mengenang sejarah kelam terjadinya pengkhiatan G30S/PKI, dimana terjadi upaya mengganti falsafah hidup NKRI dari pancasila menjadi Komunis.

3. Penegas, sangga penegas diambil dari peristiwa yang terjadi pada tahun 1928, yakni pada peristiwa Sumpah Pemuda pada tanggal 28 oktober saat kongres pemuda II. Pada saat inilah bangsa indonesia mulai menyatukan para pemuda di seluruh daerah di Indonesia untuk berjuang dan berdiri dari ketertindasan.

4. Pendobrak, nama pendobrak diambil untuk mengingat kita akan titik puncak perjuangan para pahlawan yang telah berjuang baik dengan kekuatan fisik maupun yang telah memproklamasikan kemerdekaan indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Karena berkat perjuangan para pahlawan inilah kita bisa menikmati kemerdekaan hingga saat ini.

5. Pelaksana, yang terakhir adalah sangga pelaksana. Sangga Pelaksana mengingatkan kita pada peristiwa setelah tahun 1945 hingga sekarang, saat indonesia masuk pada masa pembangunan, sangga ini juga mengingatkan kita untuk mengisi kemerdekaan, agar perjuangan para pahlawan tidak sia-sia.

Nama Sangga Pramuka

Ide Nama Sangga Pramuka

Beberapa ide nama sangga pramuka yang bisa kamu gunakan adalah nama nama pahlawan. Contoh Nama sangga pramuka antara lain:

  • Pangeran Diponegoro
  • Sudirman
  • Cut Nyak Dien
  • Tuanku Imam Bonjol
  • Pangeran Atasari
  • Teuku Umar
  • Sultan Hasanuddin
  • Pattimura
  • Martha Christina Tiahahu
  • Maria Walanda Maramis
  • Dewi Sartika
  • Nyi Ageng Serang

Pada umumnya jika tidak memakai nama sangga pramuka perintis, pencoba, pendobrak, penegas dan pelaksana, nama sangga pramuka biasanya memakai nama pahlawan yang berasal dari daerah setempat.

Sangga Berbeda dengan Sangga Kerja

Sangga kerja/ SANGKER adalah wadah untuk melaksanakan suatu tugas atau kegiatan yang anggotanya terdiri atas anggota-anggota sangga yang ada, jumlah anggota disesuaikan dengan beban tugas atau kegiatan yang diemban. Sangga kerja bersifat sementara sampai tugas atau kegiatan selesai dilaksanakan. atau pada umumnya disebut panitia acara sebuah kegiatan.

Referensi:

SK Kwarnas Nomor: 176 Tahun 2013 Petunjuk Penyelenggaraan Pola Dan Mekanisme Pembinaan Pramuka Penegak Dan Pramuka Pandega



Bagikan artikel ini yuk!
Pramuka Update
Pramuka Update

Media Pramuka Independent yang memiliki misi menjadi media pramuka rujukan dalam berlatih pramuka. Visi Pramuka Update adalah membangun konten siapapun dan dimanapun bisa mengakses materi pramuka terbaru dan terupdate.

Kontak kolaborasi & media partner WA 0877-2264-2882