Materi Pramuka Motto Gerakan Pramuka

Motto merupakan sebuah semboyan yang diciptakan dalam usaha untuk bisa memberikan spirit terhadap anggotanya dalam visi dan misi suatu lembaga. Motto Gerakan Pramuka yaitu “Satyaku Kudarmakan Darmaku Kubaktikan”. Motto tersebut merupakan bagian terpadu dalam proses suatu pendidikan untuk selalu mengingatkan kepada setiap anggotanya.

Bahwa dalam setiap Gerakan Pramuka berarti harus selalu mempersiapkan diri untuk mengamalkan kode kehormatan dalam organisasi Pramuka. Dalam menanamkan motto tersebut kepada peserta didik bukan dengan cara untuk menghafal namun untuk memahaminya dan mengamalkannya. Cara tersebt dapat diselip- selipkan alam setiap kegiatan kepramukaan.

motto gerakan pramuka

Pengaruh Motto Gerakan Pramuka Terhadap Peserta Didik

Dalam menerapkan motto gerakan pramuka terhadap peserta didik memang tidak dapat dilakukan secara instan. Namun harus dilakukan dengan cara bertahap yaitu dengan menerapkannya dalam setiap kegiatan Pramuka. Sehingga penanaman motto tersebut kepada peserta didik dapat berjalan dengan bertahap dan secara alami.

Berikut ini beberapa pengaruh motto Gerakan Pramuka terhadap peserta didik:

  1. Mampu menambah rasa percaya diri terhadap peserta didik.
  2. Dapat menambah rasa semangat dalam pengabdian terhadap masyarakat, bangsa dan negara.
  3. Memiliki rasa bangga menjadi anggota Pramuka
  4. Selalu siap untuk mengamalkan Satya dan Dharma Pramuka.
  5. Memiliki budaya kerja yang baik untuk melandasi pengabdiannya.

Secara kesimpulannya, bahwa pengaruh motto Gerakan Pramuka terhadap peserta didik wajib dihayati agar sebagai anggota Pramuka tidak lepas dari upaya untuk merealisasikan satya dan juga mengamalkan darma Pramuka di dalam seluruh aspek kehidupan.

Selain itu, pengaruh motto Gerakan Pramuka juga untuk meningkatkan kekompakan dan kebanggaan dalam kegiatan kepramukaan. Sehingga motto Gerakan Pramuka tersebut dapat diamalkan dalam kehidupan sehari- hari para anggota Pramuka.

Kode Kehormatan Pramuka

  1. Makna dari kode kehormatan Gerakan Pramuka yang di sebut satya atau janji adalah:
  • Janji yang diucapkan dalam kegiatan kepramukaan diucapkan secara suka rela, tanpa suatu keterpaksaan oleh seorang anggota Gerakan Pramuka setelah memenuhi semua persyaratan keanggotaan.
  • Tindakan pribadi untuk mengikat diri dilakukan secara sukarela untuk menerapkan, menghayati dan mengamalkan janji.
  • Titik tolak dalam proses pendidikan berfungsi untuk mengembangkan visi, intelektualitas, spiritual, sosial, emosi baik untuk kehidupan pribadi maupun untuk kehidupan masyarakat dan lingkungannya.
  1. Makna dari kode kehormatan Gerakan Pramuka dalam bentuk ketentuan secara moral yang disebut darma merupakan:
  • Suatu alat proses pendidikan yang progresif untuk mengembangkan kepribadian dan budi pekerti luhur.
  • Suatu upaya untuk memberikan pengalaman secara praktis.
  • Landasan gerak di dalam kegiatan Gerakan Pramuka demi mencapai tujuan pendidikan yaitu melalui kegiatan kepramukaan.
  • Kode etik suatu organisasi Gerakan Pramuka.
  1. Pengertian kode kehormatan dalam Gerakan Pramuka
  • Kode kehormatan Gerakan Pramuka adalah suatu norma atau ukuran kesadaran untuk lebih mengenal tentang suatu akhlak (budi pekerti) dalam hati seseorang. Karena mereka menyadari akan pentinya suatu harga diri.
  • Kode kerhomatan Gerakan Pramuka merupakan suatu norma atau nilai- nilai luhur di dalam kehidupan para anggota Pramuka. Norma- norma tersebut merupakan suatu ukuran atau standar tingkah laku seorang anggota Gerakan Pramuka di dalam kehidupan bermasyarakat.

Kode Kehormatan dalam Gerakan Pramuka terdiri atas:

  • Satya Pramuka yaitu sebuah janji yang diucapkan dengan suka rela oleh setiap calon anggota Gerakan Pramuka dan janji tersebut diucapkan setelah memenuhi semua persyaratan.
  • Darma Pramuka yaitu suatu alat proses dalam pendidikan diri yang dilakukan secara progresif dalam kegiatan Pramuka untuk mengembangkan sifat budi pekerti luhur. Selain itu juga sebagai landasan gerak dalam kegiatan Pramuka untuk mencapai tujuan dalam pendidikanmelalui kegiatan kepramukaan.

Dengan mengetahui tentang motto Gerakan Pramuka di atas dapat, maka dapat Anda ketahui bahwa kegiatan kepramukaan sangat memberika efek positif terhadap para anggotanya untuk menjadi pribadi yang unggul dalam masyarakat, memiliki sifar demokratis, saling menghormati, memiliki rasa kebersamaan dan dapat hidup bergotong royong.

 

Baca Juga : Pramuka Harapan Bangsa

 

Foto by @ambalan_mulawarman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *