Menjaga Bumi Perkemahan

Dimanapun dan kapanpun pramuka harus selalu peduli akan lingkungannya. Khususnya saat berada di buper, bumi perkemahan. Meskipun hanya berkegiatan 1-3 hari namun kita sebagai “pengguna” harus menjaga agar bumi perkemahan tetap nyaman digunakan.

 

Seringkali kita menemukan buper yang kotor, kotor, dan kurang terawat, antara pengelolaan yang kurang baik, maupun pengguna yang kurang bertanggungjawab.

Menjaga Bumi Perkemahan

 

1. Membawa Trashbag

Menyiapkan trashbag minimal 1 regu membawa 2 trashbag saat berkegiatan di bumi perkemahan. Setidaknya akan efektif untuk mengumpulkan sampah yang dibuang oleh anggota regu. Manfaat membawa trashbag salah satunya agar sampah tidak tercecer dan tempat sampah yang tersedia bisa di manfaatkan oleh regu lain.

2. Membawa bahan masak seperlunya

Beberpa kali kami menemukan sayur, bumbu dan sejenisnya terbuang sia-sia di tempat sampah. Sehingga menjadi mubadzir apa yang telah dibawa, rencanakan dengan baik apa yang akan dimasak, dan bahan yang dibawa disesuaikan kebutuhan agar tidak terbuang percuma. Membawa peraratan berkemah seminimal mungkin namun berguna semaksimal mungkin

3. Tidak mencorat-coret tembok

Kejahilan biasanya dilakukan remaja, mengotori tembok “paijo sudah disini 01/03/2018” dan sejenisnya. Cukup jejak, cerita dan kenangan manis yang kita tinggalkan tanpa harus merusak tembok dan fasilitas.

4. Gunakan Air Seperlunya

Jangan membuang-buang air, selain mungkin biaya operasional buper membengkak, kita juga menyia-siakan air, padahal diluar sana cukup banyak tempat yang kekurangan air.

5. Mengumpulkan sisa-sisa kegiatan

Biasanya tuh, ada bambo, tongkat, tali, patok dan sejenisnya yang tidak dibawa oleh peserta didik. Ada baiknya bisa dikumpulkan dan kita tinggalkan ke pengelola buper, barangakali bisa di pergunakan oleh kelompok lain yang akan berkegiatan di bumi perkemahan tersebut.

6. Jangan merusak fasilitas

Fasilitas berupa meja, kursi, papan pengumuman, maupun sarana perairan, harap dijaga sebaik-baiknya. Karena yang buper di gunakan oleh banyak orang ya kak…

7. Minimalisir penggunaan botol dan plastik

Sampah yang paling banyak kita jumpai di bumi perkemahan rata-rata adalah botol minum dan plastik. Yuk menjaga bumi perkemahan dengan meminimalisir penggunaan botol, jadi kita bawa tumbler minum, tempat makan yang bisa kita gunakan berkali-kali.

 

Yuk kita sebagai pramuka yang cinta lingkungan menjaga bumi perkemahan agar nyaman dan lestari secara lingkungannya. Bisa juga melakukan penanaman pohon perindang jika memungkinkan namun perlu di komunikasikan dengan pihak pengelola bumi perkemahan.

 

foto by: @pramuka_smkalhidayah

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *