fbpx

Mengenal Aneka Macam Sandi

 Mengenal Aneka Macam Sandi

Mengenal Aneka Macam Sandi – Sandi dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) memiliki arti rahasia. Secara istilah, sandi berasal dari bahasa sansekerta yang memiliki arti rahasia atau menyembunyikan. Dalam dunia pramuka, sandi memiliki fungsi sebagai komunikasi. Komunikasi secara langsung maupun tertulis atau tidak tertulis.

Sandi pramuka digunakan sebagai media pembelajaran pada berbagai tingkatan ilmu dari siaga, penggalang, penegak, maupun pandega. Pemakaian sandi yang digunakan harus sesuai tingkatan ilmu. Misalnya untuk golongan siaga dengan kunci yang mudah. Golongan penggalang setingkat lebih sulit dibandingkan siaga. Penegak dengan tingkatan yang lebih sulit dibandingkan penggalang. Dan pandega satu tingkat lebih sulit dibandingkan penegak. Hal ini digunakan agar penggunaan sandi dapat diterima oleh anggota pramuka.

Mengenal Aneka Macam Sandi

Nah apa saja sandi yang digunakan dalam dunia kepramukaan? Berikut adalah contoh sandi dan penjelasannya.

  1. Sandi semaphore

Sandi semaphore adalah sandi pramuka yang menggunakan bendera semaphore. Biasanya menggunakan tongkat atau kayu yang kecil untuk memasang bendera semaphore. Setiap huruf alphabet memiliku bentuk semaphore yang berbeda-beda. Biasanya semaphore digunakan untuk memberikan kode rahasia jarak jauh. Namun antara si pemberi kode dan si penerima harus melihat satu sama lain agar melihat dengan jelas gerakan yang diberikan.

  1. Sandi morse

Sandi morse tentunya sudah tidak asing lagi di telinga kita. Sandi ini diciptakan oleh Samuel Finley Breese Morse. Sandi ini terdiri dari titik dan strip pada media tulisan. Setiap huruf alphabet memiliki morse yang berbeda.

  1. Sandi rumput

Sandi rumput merupakan aplikasi dari sandi morse. Sandi rumput memiliki bentuk seperti rumput. Titik pada morse dituliskan dengan rumput pendek sedangkan tanda strip dituliskan dengan rumput yang lebih tinggi.

  1. Sandi and

Sandi and adalah sandi yang menggunakan kata kunci and dalam setiap katanya. Penggunaan sandi and cukup mudah. Cukup tiap kata diselipkan bagian depan, tengah, atau belakang dengan kata and. Sedangkan cara membacanya juga mudah. Dengan cara menghapus kata and.

  1. Sandi Braille

Sandi Braille digunakan oleh kaum tuna netra untuk menerjemahkan sebuah pesan. Huruf-huruf Braille terdiri dari enam titik yang timbul sehingga dapat diraba menggunakan tangan untuk dapat menerjemahkannya.

  1. Sandi angka

Pada sandi angka, huruf abjad diganti dengan angka dari 0 hingga 25. Kita bisa membuat kuncinya dengan A=0 atau dengan Z=0. Sehingga huruf abjad tidak terlihat lagi melainkan angka-angka yang berjejer.

Mengenal Aneka Macam Sandi
Mengenal Aneka Macam Sandi
  1. Sandi kotak 1

Sandi kotak satu memiliki kunci berupa huruf abjad yang terletak di dalam kotak. Satu kotak memiliki huruf abjad maksimal dua.

  1. Sandi kotak 2

Sandi kotak dua hampir sama dengan sandi kotak satu. Melainkan perbedaan terletak pada huruf abjad yang terletak di dalam kotak berjumlah maksimal tiga.

  1. Sandi kimia

Sandi kimia merupakan aplikasi sandi morse. Pada sandi kimia memiliki ketentuan yaitu titik merupakan huruf vokal seperti a,i,u,e,o. Sedangkan strip merupakan huruf konsonan. Huruf konsonan adalah huruf selain huruf vokal. Contoh penggunaanya adalah misalkan kita mau menuliskan ‘aku’ dalam sandi kimia. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengubah ‘aku’ menjadi sandi morse dalam bentuk tulisan terlebih dahulu. .-/-.-/..- maka dalam sandi kimia dapat ditulis dengan OH+KOH+O2H

Wah ternyata banyak juga ya sandi yang terdapat dalam dunia pramuka. Kamu sering menggunakan sandi yang mana aja sobat pramuka?

 

Beli Buku Boyman Klik dibawah

Buku Boyman Ragam Latih Pramuka berisi materi Mengenal Aneka Macam Sandi

Pramuka Update

Media Pramuka Independent yang memiliki misi menjadi media pramuka rujukan dalam berlatih pramuka. Visi Pramuka Update adalah membangun konten siapapun dan dimanapun bisa mengakses materi pramuka terbaru dan terupdate.

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *