Maskot Pramuka – Ide Desain Kreatif

Maskot Pramuka – Ide Desain Kreatif

Maskot adalah berbentuk seseorang, binatang, atau objek lainnya yang dianggap dapat membawa keberuntungan. Maskot dibuat untuk menyemarakkan suasana acara yang diadakan

Dalam Event Pramuka tingkat daerah dan nasional biasanya ada sebuah maskot.  Maskot Menemani logo identitas kegiatan semisal  Jambore maupun Raimuna.

Sudah sejak tahun 90-an kegiatan pramuka nasional maskot meramaikan event kegiatan. Pemilihan maskot kegiatan dilakukan dengan reset dan keputusan panitia pelaksana kegiatan. Hal ini bagian dari branding pencitraan kegiatan.

Maskot Pramuka Terbaru

Maskot Pramuka binatang, Benda atau objek lainnya yang mewakili daerah lokasi kegiatan. Sebagai contoh kegiatan Raimuna nasional 2003 yang diadakan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Maskot kegiatannya adalah Anoman.

Memang untuk kegiatan kepramukaan paling banyak adalah menggunakan maskot burung. Tetapi juga tidak ada salahnya menggunakan objek dan bentuk lainnya.

Kami lampirkan beberapa contoh maskot event Pramuka sebagai inspirasi desain pramuka.

Tips Membuat Maskot

Maskot Pramuka burung keren bisa didesain ataupun dibuat Mempertimbangkan keindahan dan juga pemilihan warna. Maskot berkaitan dengan produksi Yang dicetak maupun di bordir.

Tentu harus dipertimbangkan penggunaan warna, detail agar hasil cetak dan produksinya tidak jelek.

Detail maskot perlu dipertimbangkan nantinya dicetak dan diperkecil dengan penerapan media yang berbeda. Kita harus membandingkan maskot dengan maskot lainnya. Bagaimana jika di Benchmark, apakah modelnya bagus?  bisa menyampaikan pesan tanpa tulisan?

Perlu dipertimbangkan pengaplikasian maskot dalam cetak Hitam Putih atau tidak berwarna.  Hal ini berkaitan dengan pemilihan warna yang digunakan.

Bila ingin membuat maskot yang profesional tentu kita harus bayar.  agar hasilnya maksimal dan desain juga enak dipandang.  maskot akan menjadi sebuah memorabilia ataupun  mercendais yang diproduksi dan dikenang.

Produksi Maskot

Maskot Pada akhirnya dibuat Pada akhirnya dibuat Menjadi media pemasaran kegiatan. Pengaplikasian maskot perlu mempertimbangkan layout yang baik.

Berikut beberapa hal terkait produksi maskot pramuka.

  • Dibuat maskot seukuran manusia
  • Boneka kegiatan
  • Cetak dalam baliho
  • Poster dan flyer kegiatan
  • Umbul-umbul dan banner
  • Buku, majalah dan publikasi kegiatan
  • Kaos kegiatan
  • Bordir untuk kemeja dan topi.
  • Ring Kacu, plakat dan mercandise lainnya.

Pramuka Update

https://pramukaupdate.id/

Media Pramuka Independent yang memiliki misi menjadi media pramuka rujukan dalam berlatih pramuka. Visi Pramuka Update adalah membangun konten siapapun dan dimanapun bisa mengakses materi pramuka terbaru dan terupdate. Kontak kolaborasi & media partner WA 0877-2264-2882

Related post