Logo Saka Bhayangkara

Bagikan artikel ini yuk!

Logo Saka Bhayangkara – Saka Bhayangkara merupakan Wadah Pendidikan Kebhayangkaraan bagi anggota gerakan pramuka.
apa itu saka bhayangkara

Tujuan dibentuknya Saka Bhayangkara adalah untuk mewujudkan kader-kader bangsa yang memiliki akhlak dan moral Pancasila guna ikut serta bertanggung jawab terhadap Keamanan dan Ketertiban Masyarakat melalui pendidikan Kebhayangkaraan di dalam Gerakan Pramuka.

Saka Bhayangkara bersifat terbuka bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega, baik putra maupun putri berasal dari gugusdepan di wilayah ranting atau cabangnya.

Saka Bhayangkara dapat dibentuk di Kwartir ranting atas kehendak dan minat yang sama dari Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega, disesuaikan dengan situasi dan kondisi di wilayahnya.

Saka Bhayangkara dibentuk oleh dan berada di bawah wewenang, pengelolaan, pengendalian an pembinaan Kwartir ranting, sedangkan pengesahannya dilakukan oleh Kwartir Cabang. Apabila Kwartir ranting belum mampu membentuk Saka Bhayangkara, maka pembentukan Saka Bhayangkara dapat dilaksanakan oleh kwartir cabang yang wewenang, pengelolaan, pengendalian, dan pembinaannya oleh kwartir cabang.

Saka Bhayangkara beranggotakan sedikitnya 10 (sepuluh) orang dan sebanyak-banyaknya 40 (empat puluh) orang yang terdiri dari sedikitnya atas 2 (dua) krida yang masingmasing beranggotakan 5 (lima) hingga 10 (sepuluh) orang.
Pengembangan jumlah anggota dan krida disesuaikan dengan kebutuhan.

Dasar Satuan Karya Bhayangkara

Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No.159 Tahun 2011 Tentang Petunjuk Penyelenggaran Satuan Karya Pramuka Bhayangkara download yang juga termasuk Logo Saka Bhayangkara

Krida Saka Bhayangkara

terdiri atas 4 (empat) krida yaitu:
1) Krida Ketertiban Masyarakat (Tibmas);
2) Krida Lalu Lintas (Lantas);
3) Krida Pencegahan dan Penanggulangan Bencana (PPB);
4) Krida Tempat Kejadian Perkara (TKP).
Masing-masing krida dipimpin oleh seorang anggota krida yang dipilih oleh seluruh anggota krida.

Saka Bayangkara adalah wadah yang tepat bagi kamu yang berminat dalam kebhayangkaraan dan kepolisian. Tentu saja kakak sekalian akan tetap berseragam pramuka.

Syarat Anggota Saka Bhayangkara

a. Mendapat izin dari orang tua atau wali.
b. Mendapat izin dari Pembina Gugusdepannya.
c. Sehat jasmani dan rohani.
d. Menyatakan keinginan untuk menjadi anggota Saka, secara sukarela dan tertulis.
e. Berminat dan bersedia untuk berperan aktif dalam segala kegiatan Saka Bhayangkara.
f. Bersedia dengan sukarela mendarmabaktikan dirinya kepada masyarakat dan sanggup mentaati segala ketentuan yang berlaku.
g. Tidak sedang menjadi salah satu anggota Saka lain.
h. Pemuda yang berusia antara 16 sampai 25 tahun dengan ketentuan yang bersangkutan dalam waktu 1 (satu) bulan setelah menjadi anggota Saka Bhayangkara wajib menjadi anggota suatu gugusdepan Gerakan Pramuka.
i. Calon Pramuka Penegak atau Pramuka Pandega dengan ketentuan dalam waktu 6 (enam) bulan setelah menjadi anggota Saka Bhayangkara diusahakan telah dilantik sebagai Pramuka Penegak Bantara atau Pramuka Pandega di Gugusdepannya.

Logo Saka Bhayangkara

Silakan bisa download Logo Saka Bhayangkara berupa file jpg, vector cdr, pdf, dan png. Lambang saka Bhayangkara.

Klik Tombol dibawah untuk unduh

Logo Saka Bhayangkara
Gambar Logo Saka Bhayangkara

Gambar Tanda Jabatan Saka Bhayangkara

070 gambar tanda jabatan Logo Saka Bhayangkara
Gambar Lambang Jabatan Dewan Saka Bhayangkara
Bagikan artikel ini yuk!
Pramuka Update
Pramuka Update

Media Pramuka Independent yang memiliki misi menjadi media pramuka rujukan dalam berlatih pramuka. Visi Pramuka Update adalah membangun konten siapapun dan dimanapun bisa mengakses materi pramuka terbaru dan terupdate.

Kontak kolaborasi & media partner WA 0877-2264-2882