fbpx

Ketentuan-Ketentuan Papan Nama, Bendera, dan Stempel Gugus Depan

 Ketentuan-Ketentuan Papan Nama, Bendera, dan Stempel Gugus Depan

Seringkali kita sebagai anggota pramuka mendengar kata gudep. Eits bukan gudeg ya. Beda sekali. Kalau gudeg adalah makanan khas dari Yogyakarta sedangkan kalau gudep memiliki kepanjangan gugus depan. Nah apa pengertian gudep? Gudep adalah wadah gerakan pramuka yang berfungsi menghimpun peserta didik dan Pembina pramuka. Fungsi gugus depan sendiri itu apa? Fungsi gugus sepan adalah sebagai pangkalan keanggotaan peserta didik.

Dimana saja gugus depan dapat dibentuk? Gudep dapat dibentuk di lembaga pendidikan umum seperti sekolah bahkan di Perguruan Tinggi, lembaga pendidikan keagamaann seperti pesantren, gereja, di RT (Rukun Tetangga) atau RW (Rukun Warga), dan dapat dibentuk di perwakilan Republik Indonesia (RI) di luar negeri. Wah banyak juga ya.

Stempel Gugus Depan
Foto Kegiatan @ambalan_gajahmada.dewisartika

Petunjuk Penyelenggaraan S

Papan nama, bendera, dan stempel gugus depan memiliki ketentuan juga lho. Apa saja ketentuannya? Simak tulisan ini sampai habis yaa.

Contoh papan nama gudep

Papan nama gugusĀ  depan memiliki ketentuan sebagai berikut:

  1. Berbentuk segi empat panjang, bukan kotak, bulat ataupun oval. Segi empat panjang ya kakak-kakak semuanya. Bahan papan nama berasal dari kayu, seng atau bahan yang lain.
  2. Papan nama gugus depan memiliki ukuran sebesar 200 cm x 60 cm.
  3. Ukuran gambar dan huruf di papan nama gugus depan menyesuaikan dengan ukuran papan. Tidak terlalu kecil atau tidak terlalu besar.
  4. Warna papan nama gugus depan juga diatur lho. Pada bidang lambang warna dasarnya hijau muda dan warna lambang hitam. Bidang huruf memiliki warna dasar coklat muda dan warna huruf hitam.
  5. Bendera gugus depan

Bendera gugus depan memiliki ketentuan sebagai berikut:

  1. Bentuk bendera gugus depan adalah segi empat panjang dan memiliki ukuran 135cm x 90 cm. warna dasar bendera berwarna putih. Sementara itu di tengah-tengahnya terdapat lambang gerakan pramuka yang berwarna merah, dengan menghadap ke arah tiang bendera.
  2. Bagian atas dan bagian bawah bendera terdapat jalur merah dengan ukuran lebar 1/10 dari lebar bendera. Letaknya 1/10 dari lebar bendera dari sisi atas dan sisi bawah.
  3. Bagian tepi tempat tali bendera terdapat jalur merah sepanjang lebar bendera dengan ukuran lebar 1/8 dari panjang bendera dan ada tulisan nama kwartir dan nomor gudepnya.
  4. Stempel gugus depan

Stempel gugus depan memiliki ketentuan sebagai berikut:

  1. Stempel gugus depan berbentuk segi empat panjang dengan setiap sudut membentuk garis lengkung.
  2. Ukuran garis bagian luar stempel gugus depan sebesarĀ  44 mm x 32 mm.
  3. Ukuran garis bagian dalam setempel gugus depan sebesar 29 mm
  4. Bagian tengah setempel terdapat lambang gerakan pramuka menghadap kearah kiri.
  5. Bagian bawah lambang ada tulisan capital yang berbunyi Gerakan Pramuka, Gugus depan, nama kwarcab/ wilayah dan nomor gugus depan.

 

Papan nama, bendera, dan stempel gugus depan yang sering kita lihat ternyata memiliki aturan-aturan atau ketentuan-ketentuan tertentu dalam pembuatannya sehingga bisa seragam antara satu dengan yang lainnya. Diantara papan nama, bendera, dan stempel gugus depan, bagian manakah yang paling sering kakak-kakak amati? Kalau kakak penulis sering mengamati papan nama gugus depan karena sering nampak di depan sekolah tentunya karena ukurannya yang paling besar diantara bendera dan stempel gugus depan. Kalau kakak-kakak pembaca bagaimana?

Pramuka Update

Media Pramuka Independent yang memiliki misi menjadi media pramuka rujukan dalam berlatih pramuka. Visi Pramuka Update adalah membangun konten siapapun dan dimanapun bisa mengakses materi pramuka terbaru dan terupdate.

Related post

1 Comment

Leave a Reply