fbpx
 Kegiatan Malam Pramuka

Kegiatan Malam Pramuka

Kegiatan Malam Pramuka – Sudah tidak menjadi rahasia lagi, jika kegiatan malam dalam pramuka adalah hal yang paling dinantikan. Entah mengapa cerita kegiatan pramuka kadang lebih menarik dari certia kegiatan pecinta alam lainya hehe..

Persiapan Kegiatan Malam Bagi Pramuka
Foto Api Unggun – @welligilbertian

Kegiatan malam dalam artikel ini kami membahas kegiatan malam hari di alam terbuka ya, dan bagi sebagian orang menganggap ini ajang balas dendam antara senior ke junior, padahal juniornya udah beda orang hehe… harus di luruskan kembali apa yang menjadi tujuan dari kegiatan malam hari di pendidikan kepramukaan.
Seorang pramuka harus menggunakan indra pendengaran, penglihatan dan penciumannya saat berada di alam bebas di malam hari. Fungsi kelompok tentu harus bekerjasama menyelesaikan tugas dan game yang di adakan.

Kegiatan Malam Pramuka

Baden Powell dalam bukunya scouting for boys, menyebutkan pramuka harus dapat menemukan jalan, baik pada malam maupun siang hari. Tentunya dibutuhkan latihan dan pengalaman yang mencukupi untuk terbiasa. Namun kebanyakan akan mudah tersesat dalam malam hari.
Kegaiatan malam akan terasa cepat, karena kondisi alam yang gelap. Kebutuhan fisik harus diperhatikan, istirahat harus cukup, dan perlengkapan untuk kegiatan harus dipersiapkan dengan sebaik mungkin.

Tujuan kegiatan malam selain melatih fisik, juga keberanian, kalian sebagai peserta juga merasakan hal manfaat lainnya, seperti kerjasama kelompok, manajemen regu, memahami karakter orang lain.
Menjelajahi alam dilingkungan masyarakat maupun di lokasi perkemahan tentu harus mengambil dan melihat potensi risiko kecelakaan. Panitia kegiatan atau biasa sangga kerja, harus memastikan Zero Risk/ 0 Kejadian cidera bagi peserta didik.

Hal yang harus di persiapkan oleh panitia kegiatan apabila melakukan kegiatan pada malam hari
1. Rute perjalanan
2. Aman dan bisa di lalui
3. Estimasi waktu kegiatan
4. Pos Penjagaan
5. Tugas Jaga
6. Tugas peserta

Peralatan yang harus dipersiapkan oleh peserta dalam kegiatan malam pramuka
1. Pakaian hangat
2. Mantel
3. Tas kecil
4. Senter
5. Tongkat
6. Alat p3k
7. Survival Kits

Contoh kegiatan malam hari di alam
1. Penugasan dengan penjelajahan, ada pos-pos yang dilewati dan harus menyelesaikan tugas masing-masing pos.
2. Pencarian barang/ benda untuk melatih indra peserta didik.
3. Simulasi pertolongan/ pencarian tertentu.
4. Pos Materi yang bisa menjadi inovasi seperti tiap pos ada materi yang disampaikan kemudian pesrta mencatat dan menerima tugas.

Beberapa hal lain yang masih berkaitan dengan kegiatan malam di pramuka

  • Jurit malam pramuka
  • Materi renungan malam kegiatan kemah pramuka
  • Api Unggun Pramuka

Ini sebagai gambaran singkat apabila kakak bertindak sebagai peserta maupun panitia sangga kerja kegiatan malam pramuka. Tentu harapan kami kegiatan malam kakak berjalan nyaman aman dan seru tanpa ada halangan. Mintalah pertolongan apabila terjadi kejadian yang tidak di inginkan.

Pastikan sebagai peserta tidak memaksakan diri apabila fisik kurang sehat atau dalam keadaan yang bisa membahayakan diri. Dan selalu awali kegiatan malam pramuka dengan berdoa memohon kelancaran kegiatan pada Tuhan yang maha Esa.

Pramuka Update

Media Pramuka Independent yang memiliki misi menjadi media pramuka rujukan dalam berlatih pramuka. Visi Pramuka Update adalah membangun konten siapapun dan dimanapun bisa mengakses materi pramuka terbaru dan terupdate.

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *