Mengenal JOTAJOTI, serta Cara Mendaftar JOTAJOTI 2022!

Bagikan artikel ini yuk!

Seperti yang telah diketahui, Jambore On The Air serta Jambore On The Internet (JOTA-JOTI) adalah kegiatan Pramuka digital terbesar yang diselenggarakan setiap tahun di bulan Oktober. Untuk JOTAJOTI 2022, rencananya akan diselenggarakan mulai dari tanggal 14 hingga 16 Oktober tahun 2022.

Walaupun selalu diselenggarakan secara rutin di setiap tahunnya, namun ternyata tidak sedikit anggota Gerakan Pramuka yang belum tahu menahu tentang event JOTAJOTI ini. Jika Anda merupakan salah satunya, langsung saja simak informasi terkait JOTAJOTI berikut ini.

Apa Itu JOTAJOTI?

Apa-Itu-JOTAJOTI

Jamboree On The Air – Jamboree On The Internet, atau yang sering disebut dengan JOTA-JOTI merupakan kegiatan kepanduan secara digital terbesar di dunia yang. Kegiatan yang satu ini dikelola secara langsung oleh WOSM (Organisasi Pramuka Dunia) yang berlangsung secara daring.

Kegiatan internasional yang satu ini, berbasis pada pendidikan yang menyatukan sebanyak lebih dari 2,5 juta anggota Gerakan Pramuka dari seluruh dunia. Dilaksanakan setiap tahunnya, pada bulan Oktober minggu ketiga di akhir pekan.

Para anggota Pramuka muda, bisa belajar mengenai berbagai teknologi dan juga bisa terhubung dengan anggota pandu lain dari 171 negara lebih. Ya, JOTAJOTI ini memungkinkan para peserta untuk mempelajari kepanduan dan nilai kewarganegaraan global secara lebih mendalam.

Kegiatan Pramuka terbesar ini juga terbuka untuk seluruh Pandu dan juga masyarakat umum yang ada di dunia, dan memungkinkan anak-anak mudah untuk saling terhubung dan berkomunikasi dengan menggunakan internet serta radio amatir.

JOTAJOTI ini akan melibatkan para pemuda dalam kegiatan pendindingan yang bertujuan untuk membangun kerjasama tim, pemahaman lintas bahasa dan budaya, serta keterampilan yang akan berguna di masa mendatang.

Sejarah JOTAJOTI

Sejarah JOTAJOTI

Bisa dibilang sejarah dari JOTAJOTI sendiri cukup panjang, dan melibatkan beberapa orang penting dalam Gerakan Pandu Dunia. Nah, untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini sejarah terjadinya Jamboree On The Air dan Jamboree On The Internet.

Sejarah Jamboree On The Air (JOTA)

Kegiatan Jamboree On The Air (JOTA) pertama kali diprakarsai oleh Leslie R. Mitchell, seorang amatir radio dari Inggris. Pada awalnya, kegiatan ini diselenggarakan untuk memperingati 50 tahun Gerakan Kepanduan Dunia yang diadakan pada tahun 1957.

Sejarah Jamboree On The Internet (JOTI

Sementara untuk Jamboree On The Internet (JOTI) pertama kali dirintis oleh oleh pramuka penegak (Rovers) dari kota Queanbeyan pada tahun 1995. Pada saat itu, ada seorang penegak bernama Norvan Vogt yang sedang berada di Belanda untuk menjalani program pertukaran pelajar.

Dengan koordinasi oleh Brett Sheffield, Vogt mencoba untuk berkomunikasi dengan kru rumah yang ada di Australia. Mereka berhasil menghubunkan Queanbeyan (Australia) dengan Putten (Belanda), dengan dedikasi dari suatu server IRC.

Kemudian pada bulan November tahun 1996, Komite Pramuka Dunia mencatat jika kepramukaan kini telah mempunyai tingkat kehadiran di internet yang cukup besar. Selain itu, sudah ada pula Jambore informal di kanal #scouting pada server Efnet dan Undernet.

Sebelumnya Efnet sempat ditunjuk menjadi server resmi untuk melaksanakan kegiatan JOTI. Akan tetapi, pada tahun 1997 dilakukan perubahan dimana suatu server IRC bernama ScoutLink yang dijadikan sebagai server IRC khusus pramuka pertama di dunia.

Sehingga pada akhirnya, Komite Pramuka Dunia memutuskan jika JOTI harus dijadikan sebagai acara resmi Kepramukaan internasional. Diselenggarakan di setiap akhir pekan sama seperti Jambore di udara (JOTA) dengan ScoutLink sebagai media utamanya.

Kegiatan dalam JOTAJOTI 2022

Kegiatan-dalam-JOTAJOTI

Ada beberapa kegiatan yang nantinya akan dilakukan dalam acara JOTA dan juga JOTI. Selain itu, biasanya kegiatan-kegiatan yang dilakukan akan menyesuaikan dengan tema yang dibawakan setiap tahunnya. Namun secara umum, berikut itu kegiatan yang biasa dilakukan dalam acara JOTAJOTI.

Kegiatan JOTA

Jika dilihat secara teknis, kegiatan dari JOTA sendiri akan menggunakan perangkat berupa radio amatir. Baik itu dalam mode SSB maupun CW, gelombang radio yang digunakan umumnya ada pada band 40 meter atau sekitar band 80 meter.

Seluruh operator amatir radio yang ada di seluruh penjuru dunia akan turut berpartisipasi bersama lebih dari 500.000 Pramuka. Mereka akan mengajarkan para partisipan mengenai radio dan membantu mereka untuk menghubungi Kelompok Pramuka yang lain menggunakan perangkat radio amatir.

Hal ini sudah dilakukan sejak tahun 2004, dengan menggunakan Basis Echolink-VoIP. Nantinya para anggota Pramuka juga akan didorong untuk mengirimkan konfirmasi komunikasi (baik itu dalam bentuk kertas ataupun elektronik) yang disebut dengan istilah kartu QSL.

QSL Card ini adalah sebuah pembelajaran untuk para anggota Pramuka untuk mengenal serta bertukar pengalaman dengan berbagai anggota Pramuka lain yang berasal dari berbagai penjuru dunia. Tentu saja ini adalah kegiatan yang benar-benar mengasyikkan, bukan?

Kegiatan JOTI

Sementara untuk kegiatan JOTI, merupakan kegiatan komunikasi dengar berbagai Kelompok Pramuka dari seluruh penjuru dunia dengan media utama berupa internet. Biasanya, kegiatan Pramuka yang satu ini akan menggunakan kanal IRC milik ScoutLink.

Jadi kegiatan tersebut memang membutuhkan aplikasi client IRC, seperti XChat atau mIRC yang diinsyall di PC atau smartphone. Tidak hanya itu, para peserta juga bisa mengakses layanan webchat dari ScoutLink, tanpa harus repot menginstal aplikasi client terlebih dahulu.

Tidak hanya pada kana IRC, para peserta kegiatan juga dapat mengikuti kegiatan JOTI ini melalui media yang lain seperti Skype dan juga Joti.TV untuk melakukan obrolan video. Kemudian untuk percakapan suara, bisa dengan layanan TeamSpeak. Bahkan ada juga server minecrfat.scoutlink.net yang menarik.

JOTAJOTI 2022

JOTAJOTI-2022

Seperti yang telah diumumkan pada akun resminya, pendaftaran untuk mengikuti kegiatan JOTAJOTI 2022 telah dibuka. Pembukaan pendaftaran dini ini, dilakukan agar para peserta bisa mengikuti berbagai agenda yang sudah disusun secara khusus.

Dilihat pada situs jotajoti.info, website resmi dari kegiatan ini, tertulis tagline, “Ready for an amazing digital and radio Jamboree? JOTA-JOTI 2022 promises to be the best ever, with an improved digital & offline experience for participants around the world”

Ya, telah disebutkan dengan kegiatan ini, maka akan ada lebih banyak kesempatan untuk terhubung, belajar, dan juga bermain dengan jutaan anggota Pramuka lain yang berasa dari seluruh dunia. Bahkan setiap peserta juga memiliki kesempatan untuk menjelajahi dunia baru.

Pendaftaran JOTAJOTI 2022

Pendaftaran JOTA-JOTI 2022

Untuk pendaftaran JOTAJOTI 2022 secara khusus, dapat langsung dilakukan dengan mengakses laman resmi jotajoti.info. Untuk lebih jelasnya simak dan ikuti langkah-langkah yang ada di bawah ini.

  1. Klik pada menu Register Now.
  2. Login dengan menggunakan akun scout.org yang dimiliki.
  3. Silahkan pilih kategori usia yang tersedia.
  4. Jika sudah, lengkapi pilihan data usia yang dibutuhkan.
  5. Terakhir, tinggal kirimkan data tersebut.

Kegiatan yang akan dilaksanakan dalam JOTAJOTI 2022 ini, telah dikemas secara khusus, antara lain seperti social breadsteak, online safety shop, warm cup of Youth got talent, tall glass of scout live shows, bowl of peace & community, environmental & sustainability platter, dan lain sebagainya.

Logo JotaJoti 2022

Badge/ emblem dan logo yang bisa dipakai berkaitan dengan Jotajoti 2022

295290894 371578911754826 1309006027517501846 n jotajoti 2022

Bet ini bisa juga kakak dapatkan di tokopramuka.com

Bagikan artikel ini yuk!
Pramuka Update
Pramuka Update

Media Pramuka Independent yang memiliki misi menjadi media pramuka rujukan dalam berlatih pramuka. Visi Pramuka Update adalah membangun konten siapapun dan dimanapun bisa mengakses materi pramuka terbaru dan terupdate.

Kontak kolaborasi & media partner WA 0877-2264-2882