Istilah Hasduk Pramuka dan Kacu Pramuka

Istilah Hasduk Pramuka dan Kacu Pramuka

Hasduk Pramuka ataupun bisa disebut Kacu pramuka dalam seragam pramuka merupakan salah satu atribut Pramuka yang wajib dipakai setiap kegiatan pramuka. Banyak istilah mengenai hal ini, beberapa daerah menyebutnya sebagai Setangan Leher, Kacu, hasduk, dasi dan duk.

Istilah Hasduk Pramuka

Untuk bahasa resmi terkait Hasduk yaitu Setangan Leher sesuai dengan Jukran Pakaian Seragam Pramuka. Setangan Leher merupakan kelengkapan pakaian seragam pramuka yang terdiri dari Tutup Kepala, Baju Pramuka, Rok/ Celana, Setangan Leher, Ikat Pinggang, Kaos Kaki, Sepatu dan Tanda Pengenal.

Dahulu hasduk pramuka putra dan putri berbeda bentuknya, sebelumnya Pramuka Putri memakai pita leher yang berbeda dengan hasduk yang dipakai pramuka putra. Bentuknya berbeda cara memakainya pun berbeda, saat ini cara memakai Kacu pramuka putra dan putri sama.

Warna Hasduk Pramuka

Warna hasduk pramuka dominan putih kemudian dengan lis warna merah di luarnya. Ukuran Lis merah adalah 5cm dari tepi kain. Aturan ini sesuai dengan jukran seragam pramuka tahun 2012 yang bisa kakak runtuh di halaman unduh.

Ukuran Kacu Pramuka tentu saja setiap golongan peserta didik berbeda mengingat ukuran badan pun yang berbeda. Dalam melipat Kacu Pramuka tidak ada aturan khusus hanya dilipat dengan ukuran lipatan 5 cm sesuai jukran seragam pramuka. Tidak pula dibentuk dengan lipatan khusus agar bentuknya berbeda dari duk pramuka pada umumnya.

Untuk pembelian hasduk pramuka siaga, penggalang, penegak, pandega maupun pembina atau dalam bahasa sekolahnya SD SMP SMA dan kuliah.  Bisa dibeli di toko atribut Pramuka terdekat. Tidak ada aturan khusus jenis bahan yang dipakai, hanya saja warnanya merah dan putih. Namun jenis kain pilihan kami terbaik jatuh di bahan sunwash.

Detail Hasduk Pramuka

a) dibuat dari bahan warna merah dan putih.
b) berbentuk segitiga sama kaki;
(1) sisi panjang dengan sudut bawah 90º(panjang disesuaikan dengan tinggi badan pemakai sampai di pinggang).
(2) bahan dasar warna putih dengan lis merah selebar 5 cm.
c) setangan leher dilipat sedemikian rupa (lebar lipatan ± 5 cm) sehingga warna merah putih tampak dengan jelas, dan pemakaiannya tampak rapi.
d) dikenakan dengan cincin (ring) setangan leher.
e) dikenakan di bawah kerah baju..

Ukuran Hasduk Pramuka

Untuk Pramuka Siaga berkisar panjang 90 cm, Pramuka Penggalang sisi panjang 100-120 cm, Pramuka Penegak, Pandega, Pembina, Andalan, Mabi, Seragam Kegiatan dan Upacara panjang 120-130 cm

Pemakaian Setangan Leher dalam Pakaian Seragam Tambahan

Untuk kegiatan nasional atau daerah yang bukan upacara resmi dapat menggunakan seragam dengan ciri
kedaerahan dengan tetap menggunakan setangan leher.

Terkait warna merah dan putih ini bukan diartikan sebagai bendera. Banyak yang salah kaprah memaknai hal ini ini menjadikan hasduk sakral tidak boleh menyentuh tanah. Terkait hal ini perlu diluruskan pemahamannya jika aturan ini tidak sesuai atau mengada-ngada mengkaitkan hasduk dengan bendera merah putih.

Memang benar ada kiasan warna merah dan putih dalam duk pramuka tetapi bukan berarti hasduk itu sebuah bendera merah putih. Terkadang aturan semacam ini turun-temurun dan senior di Pramuka di sekolah ataupun gugus depan tidak bisa memberikan dasar yang kuat dan jelas terkait aturan tersebut. Menghargai penggunaan hasduk bukan berarti menyusahkan anggota pramuka dalam pemakaiannya.

Pemakaian hasduk bisa dibarengkan dengan penggunaan kolong pramuka ataupun ring Kacu. Tidak ada aturan khusus terkait pemakaian ring Kacu. Dalam jukran seragam pramuka tidak diatur warna ring Kacu. Umumnya kita ketahui bersama jika Usia Pramuka Siaga memakai ring Kacu berwarna hijau,  Pramuka Penggalang memakai  ring hasduk  berwarna merah, penegak memakai ring Kacu berwarna kuning dan pandega berwarna coklat.

Namun Pramuka dituntut untuk kreatif jadi bisa membuat ring Kacu menggunakan kayu ataupun dengan tali yang bisa dibuat simpul dan digunakan untuk mempercantik Kacu Pramuka.

Scarf Pramuka

Trend terbaru ketika  melaksanakan kegiatan di lapangan ataupun di alam terbuka,  kini kita jumpai penggunaan hasduk dengan warna yang berbeda.  hasil hasduk yang bisa  di IstiLAHKAN Scarf Pramuka.

Bagi orang awam mungkin terasa aneh jika melihat Pramuka memakai warna scraft yang berbeda-beda ada biru ungu kuning maupun warna yang lain yang dipakai dikombinasikan dengan logo ambalan maupun logo kegiatan.

Scraft pramuka ini merupakan salah satu mercendais yang yang dipakai selama kegiatan perkemahan.  scraft Pramuka bisa juga dibeli di toko pramuka terdekat  maupun toko online kesayangan anda.

Scarf Pramuka tidak ada aturan khusus yang mengatur jadi  warna jenis mungkin berbeda-beda.

Berikut kami lampirkan detail Hasduk/ Setangan Leher Pramuka.

Detail Hasduk/ Setangan Leher Pramuka

Pramuka Update

https://pramukaupdate.id/

Media Pramuka Independent yang memiliki misi menjadi media pramuka rujukan dalam berlatih pramuka. Visi Pramuka Update adalah membangun konten siapapun dan dimanapun bisa mengakses materi pramuka terbaru dan terupdate. Kontak kolaborasi & media partner WA 0877-2264-2882

Related post