Fungsi Gerakan Pramuka

Fungsi Gerakan Pramuka

Sebagian pelajar selalu menanyakan Fungsi Gerakan Pramuka dalam kehidupan masyarakat. Mungkin karena seringkali mendengar cerita-cerita kakak kelas “wah pramuka tuh ga ada gunanya” “gak ada manfaatnya” akhirnya tidak sedikit murid yang terhasut.

Fungsi Gerakan Pramuka

Tentu saja fungsi kegiatan kepramukaan sangat banyak yang bisa dirasakan oleh semua peserta didik.

Gerakan Pramuka berfungsi sebagai penyelenggara pendidikan nonformal di luar sekolah dan di luar keluarga sebagai wadah pembinaan serta pengembangan kaum muda dilandasi Sistem Among, Prinsip Dasar dan Metode Kepramukaan. AD/ART Gerakan Pramuka tahun 2018

Tiga Fungsi Gerakan Pramuka

  1. Gerakan Pramuka berfungsi sebagai organisasi pendidikan nonformal di luar sistem pendidikan sekolah (formal) dan di luar sistem pendidikan keluarga (informal) dalam pelaksanaannya saling melengkapi dan memperkaya.
  2. Gerakan Pramuka berfungsi pula sebagai wadah pembinaan dan pengembangan kaum muda dengan dilandasi Sistem Among, Prinsip Dasar dan Metode Kepramukaan.
  3. Pelaksanaan dari fungsi tersebut disesuaikan dengan keadaan, kepentingan, dan perkembangan masyarakat, bangsa dan negara.

Pramuka Update

https://pramukaupdate.id/

Media Pramuka Independent yang memiliki misi menjadi media pramuka rujukan dalam berlatih pramuka. Visi Pramuka Update adalah membangun konten siapapun dan dimanapun bisa mengakses materi pramuka terbaru dan terupdate. Kontak kolaborasi & media partner WA 0877-2264-2882

Related post