fbpx

Cara Mendirikan Tenda Pramuka

 Cara Mendirikan Tenda Pramuka

Tenda tentunya menjadi kebutuhan pokok saat akan melaksanakan salah satu kegiatan pramuka yaitu kemah. Tenda digunakan sebagai tempat untuk berlindung. Meskipun terlihat mudah memasang tenda namun bagi anggota pramuka yang belum terbiasa mendirikan tenda pasti mengalami kesulitan. Sehingga, perlunya pembiasaan atau latihan-latihan berulang kali untuk mendirikan tenda.

Tenda pramuka merupakan salah satu tenda yang memerlukan lebih dari orang untuk membantu mendirikannya. Sebelum mendirikan tenda maka harus dipersiapkan dahulu alat-alat yang digunakan untuk kelancaran proses.

Adapun alat-alat yang dibutuhkan adalah:

  1. tenda pramuka;
  2. patok;
  3. tali pramuka;
  4. palu;
  5. dan tongkat pramuka.

Patok merupakan jenis paku yang terbuat dari kayu, aluminium, besi, maupun bahan lainnya. Patok berfungsi untuk mengaitkan tali tenda atau tali pengekang agar terbentuk kerangka tenda yang kuat. Sedangkan palu untuk memukul patok agar tertancap ke dalam tanah.

Foto Mendirikan Tenda Pramuka
Foto Mendirikan Tenda Pramuka: IG pramuka_raden_fatah035036

Langkah-langkah dalam mendirikan tenda pramuka adalah sebagai berikut:

  • Langkah pertama – Bersama dengan anggota pramuka yang lainnya menaruh tenda dan membuka tenda pramuka di atas tanah yang rata dengan memposisikan tenda bagian dalam menghadap ke atas atau langit. Dua tongkat pramuka di pasang di bagian depan dan belakang tenda. Selanjutnya menancapkan patok di depan tongkat pramuka tersebut dan mengaitkan dengan tali pramuka.
  • Langkah kedua – Pada langkah ini membutuhkan lebih dari satu anggota pramuka untuk mendirikan tenda. Dua orang untuk mendirikan tenda, dua orang memegangi ujung kedua tongkat sehingga tongkat pramuka tidak bergeser atau berada pada posisi miring. Tenda yang sudah dibuka pada langkah pertama dipasang sesuai kerangka tenda.
  • Langkah ketiga – Pintu tenda ditali dan ditutup dengan dua anggota pramuka masih memegangi kedua tongkat pramuka agar tenda tidak roboh sebelum dibangun. Pada samping tenda terdapat lubang untuk masuknya tali pramuka.
  • Langkah kelima – Masukkan tali pramuka tersebut ke dalam lubang dan ditarik dengan kuat kemudian dikaitkan dengan patok-patok yang telah disiapkan. Pemasangan ini harus hati-hati agar tenda tidak robek namun tali yang diikat harus kuat. Pemasangan patok yang benar adalah patok ditancapkan pada permukaan tanah dengan kemiringan sekitar 30-45 derajat yang arah posisinya berlawanan dengan tali tenda agar patok tidak mudah tercabut. Penanaman patok harus dengan kedalaman yang cukup agar tidak mengganggu lalu lalang anggota pramuka yang sedang berkemah. Patok yang sudah ditancapkan diikat dengan tali pramuka dengan simpul pangkal. Simpul ini paling mudah kan ya bagi anggota pramuka? Jika kondisi tanah lunak bisa menggunakan patok lebih dari satu. Dua patok misalnya.

Kerja sama sesama anggota sangat diperlukan untuk pendirian tenda kemah. Kerja sama yang baik sesama anggota dapat membuahkan hasil berupa tenda yang didirikan rapi dan enak dipandang. Tentunya untuk menjadi juara kategori lomba dan lingkungan sekitar tenda harus didukung oleh pendukung lain. Misalnya gapura yang dipasang di depan tenda dihias semenarik dan seindah mungkin. Juga bisa ditambah dengan pagar yang terbuat dari bambu yang dicat dengan seindah mungkin. Atau bisa juga kombinasi bambu dengan tali rafia yang berwarna-warni.

Kerapian tenda dan lingkungan tenda juga diperlukan untuk menunjang aspek juara kategori di atas. Sampah-sampah baik organik dan anorganik yang bersih dari pandangan mata menambah nilai plus bagi juri yang menilainya. Tentunya, pendirian tenda yang baik harus diikuti dengan latihan serius yang tidak hanya sekali dua kali saja. Namun harus lebih dari itu agar kemampuan mendirikan tenda yang baik dapat terasah.

Terimakasih sudah membaca artikel Materi Pramuka Semoga bisa memberikan manfaat ya kak.. Tetap Semangat Berpramuka. Belanja Produk Pramuka Terbaru di KedaiPramuka.net

Tentang Pramuka Update

Pramuka Update, Media Pramuka Independent yang memiliki misi menjadi media pramuka rujukan dalam berlatih pramuka. Visi Pramuka Update adalah membangun konten dimanapun bisa mengakses materi pramuka terbaru dan terupdate. Saat ini, Pramuka Update menjadi salah satu website pramuka yang dipercaya oleh puluhan ribu pramuka.

Kontak Media

Kak Tunas – WA 0877-2264-2882

Pramuka Update

Media Pramuka Independent yang memiliki misi menjadi media pramuka rujukan dalam berlatih pramuka. Visi Pramuka Update adalah membangun konten siapapun dan dimanapun bisa mengakses materi pramuka terbaru dan terupdate.

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *