Asas, Tujuan, Tugas Pokok dan Fungsi Gerakan Pramuka

Asas, Tujuan, Tugas Pokok dan Fungsi Gerakan Pramuka

Sesuai dengan Lampiran Keputusan Musyawarah Nasional Gerakan Pramuka 2018 No. 07/MUNAS/2018 tentang Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka. Berikut terkait azas dll gerakan pramuka yang perlu peserta didik ketahui.

Hal yang mungkin terlewat saat latihan pramuka mengingat hal 1 dan lainnya seperti mengejar sku, tku maupun praktek skill.

Asas dan Tujuan Gerakan Pramuka

Asas BAB II Pasal 2

Gerakan Pramuka berasaskan Pancasila.

Tujuan BAB II Pasal 3

Gerakan Pramuka bertujuan untuk membentuk setiap pramuka:

a. Memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, berkecakapan hidup, sehat jasmani, dan rohani;

b. Menjadi warga negara yang berjiwa Pancasila, setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia serta menjadi masyarakat yang baik dan berguna, yang dapat membangun dirinya sendiri secara mandiri serta bersama-sama bertanggungjawab atas pembangunan bangsa dan negara, memiliki kepedulian terhadap sesama hidup dan alam lingkungan.

Tugas Pokok dan Fungsi Gerakan Pramuka

Tugas Pokok BAB II Pasal 4

Gerakan Pramuka mempunyai tugas pokok menyelenggarakan pendidikan kepramukaan bagi kaum muda guna menumbuhkan tunas bangsa yang berkarakter agar menjadi generasi yang lebih baik, bertanggungjawab, mampu membina dan mengisi kemerdekaan serta membangun dunia yang lebih baik

Fungsi BAB II Pasal 5

Gerakan Pramuka berfungsi sebagai penyelenggara pendidikan nonformal di luar sekolah dan di luar keluarga sebagai wadah pembinaan serta pengembangan kaum muda dilandasi Sistem Among, Prinsip Dasar dan Metode Kepramukaan.

Selengkapnya terkait AD/ ART Gerakan Pramuka Hasil Munas Gerakan Pramuka tahun 2018 yang berlaku saat ini silakan download klik tombol dibawah.

Pramuka Update

Media Pramuka Independent yang memiliki misi menjadi media pramuka rujukan dalam berlatih pramuka. Visi Pramuka Update adalah membangun konten siapapun dan dimanapun bisa mengakses materi pramuka terbaru dan terupdate.

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version