Cara Mendirikan Tenda - Tenda Kebanjiran

Tenda Kebanjiran

Kegiatan berkemah bersama teman-teman pramuka tentu akan terasa menyenangkan. Menyenangkan karena dapat berkumpul dan bekerjasama dengan riang gembira. Buat kamu anak pramuka sejati atau yang pernah mengikuti kegiatan pramuka tentu gak asing sama yang namanya kemah. Kemah atau camping ini biasanya adalah momen yang sangat ditunggu oleh para peserta pramuka. Selain bersentuhan langsung dengan alam, kegiatan berkemah sangat bermanfaat bagi kekompakan regu sekaligus menambah ilmu dan teknik tentang kepramukaan.

Berkemah menjadi salah satu poin penting dalam pramuka. Karena disinilah karakter serta teknik-teknik pramuka dapat diterapkan secara langsung. Keseruan saat berkemah disebabkan karena tinggal beratapkan langit sehingga kita sebagai pramuka perlu untuk mengetahui teknik memasang tenda. Cara membuat tenda perkemahan dengan mudah dapat dilakukan jika tiap anggota regu bekerjasama dengan baik. Nah, sekarang kami akan memberikan teknik cara mendirikan tenda dengan mudah, khusus buat kamu, para pramuka sejati.

 

Tahap 1:

Kamu bisa meletakkan tenda di atas tanah. Ingat ya, bagian dalam tenda diletakkan menghadap ke atas supaya tidak terbalik. Cari pintu tenda bagian depan dan belakang. Jika sudah ketemu, segera pasang tiang tenda di pintu depan dan belakang tenda. Kemudian, siapkan tali yang direntangkan pada bagian depan tenda, beri patok pada masing-masing ujung tali. Lakukan hal yang sama untuk bagian belakang tenda sehingga jumlah tali ada 2 dan jumlah patoknya ada 4.

 

Tahap 2:

Nah, ini bagian yang paling seru lho! Segera ajak kawan-kawan regumu, ya. Bagian ini menuntut kerjasama dan kekompakan regu. Kamu butuh setidaknya 5 orang untuk mendirikan tenda. Caranya adalah, 2 orang berdiri serta memposisikan tiang yang sudah disiapkan di depan dan belakang tenda. Ketika bentuk tenda sudah mulai terlihat, 4 orang lainnya segera mempersiapkan diri untuk menarik ujung tali secara bersamaan pada ke-empat sudut tendanya. Kemudian, ikatlah tali yang ada di kedua sudut kanan dan kiri tenda. Tarik secara kuat dan bersamaan serta ikatlah dengan simpul yang benar dan kuat.

 

Itu tadi merupakan cara membuat tenda perkemahan dengan mudah. Cara mendirikan tenda dengan benar juga perlu diingat agar tenda tidak mudah robek. Tidak jarang pula, regu akan mengalami kesulitan ketika akan menancapkan patok dikarenakan medan tanah yang terlalu keras ataupun terlalu gembur.

Jika struktur tanahnya keras dan berbatu, kamu sebagai seorang pramuka yang kreatif dapat menggunakan batang pohon yang kuat untuk dapat dijadikan sebagai patok. Pastikan bahwa satu atau beberapa batang kayu tadi benar-benar kuat dan tidak rapuh, ya. Begitu juga dengan ranting-ranting yang ada di atasnya. Pastikan benar bahwa nantinya tidak ada bagian dari pohon yang jatuh ke atas tenda jika terkena angin. Struktur tanah yang keras dapat disiasati dengan mengikat tongkat dan dijadikan ganjalan pada pohon. Untuk memperkuatnya, dapat ditindih lagi dengan batu-batu besar.

Apabila struktur tanahnya gembur, maka tali tenda dapat diikatkan pada benda yang berat seperti batu, besi, atau batang pohon. Kamu juga dapat mengaitkannya dengan kombinasi beberapa patok dengan batang-batang pohon atau besi.

Demikian cara membuat tenda perkemahan dengan mudah. Semoga bermanfaat dan dapat dipraktekkan langsung bersama regu pramukamu, ya!