Jadi gini, kita udah lama ikut pramuka, lalu sudahkah kita turun ikut aksi di tengah masyarakat kita? Beruntung jika kakak saat ini akif di pramuka. Mendapatkan kesempatan bertemu dan belajar dengan orang-orang hebat. Namun jangan sampai karena fokus belajar dan berlatih hingga lupa praktik dan mengaplikasikan ilmu yang telah kita pelajari saat ini.

Pramuka pelopor kebaikan dan perubahan di tengah masyarakat, ilmu yang aplikatif yang telah kita dapatkan di pramuka bisa kita tularkan ke teman-teman kita di lingkungan. Memberikan penyuluhan tentang perilaku hidup sehat, penghijauan lingkungan, praktik pembuatan biopori, dan hal hal menarik lainnya akan memberikan dampak positif di lingkungan sekitar kita.

Pramuka pelopor kebaikan dan perubahan

Pramuka pelopor kebaikan dan perubahan

Berbagilah pengalaman yang telah kakak dapatkan dipramuka dengan orang disekitar kita. Entah itu cerita, praktik langsung maupun mengajak dan memberikan semangat. Kakak yakin, ilmu yang kamu pelajari di pramuka akan sangat bermanfaat untuk perkembangan masyarakat. Hal sederhana dalam menyiapkan event di perkemahan pun akan berguna ketika kita di kampung ada kegiatan. Kita bisa membuat rencana kegiatan, proposal, kebutuhan apa saja yang menunjang acara tersebut juga kita bisa memberikan masukan dan saran.

 

Menjadi pramuka itu mudah, tetapi kamu tidak akan tumbuh dan berkembang lebih jauh jika tidak bergabung di wadah-wadah yang ada. Wadahnya apa aja sih? di pramuka penegak kamu bisa bergabung di dewan ambalan, sangga kerja, dewan kerja cabang, ranting, daerah, satuan karya, dewan saka, nah buat kakak yang mungkin masih aktif di gugus depan, manfaatkan wadah yang ada untuk bertumbuh dan berkembang.

 

Mengajak kebaikan dimulai dari memberikan contoh positif, agar ditiru adik-adik kita generasi zaman now. Jangan sekedar ber-organisasi tetapi juga aktif, dan berpartisipasi memberikan masukan dan saran untuk kemajuan organisasi itu. Era digital seiring waktu terus bertumbuh, kamupun jangan sampai ketinggalan dan memanfaatkan tenologi untuk mengajak kebaikan, bahkan dengan teknologi kita bisa mengajak perubahan ke banyak orang sekaligus! Yuk kakak tunggu aksi nyatamu sebagai pramuka pelopor kebaikan dan perubahan!

Foto by ig @sekeco_siji