Membuat Kegiatan Pramuka yang Menarik

Membuat Kegiatan Pramuka yang Menarik

Membuat Kegiatan Pramuka yang Menarik

Banyak yang beranggapan kegiatan pramuka hanya bertepuk dan bernyanyi, anggapan ini muncul dari mereka yang tidak aktif dan berangkat pramuka dan bisa jadi ikut pramuka hanya sampai golongan siaga, yang di dominasi dengan kegiatan bermain dan belajar. Berbeda jika sudah masuk golongan penggalang, penegak apalagi pandega, kegiatan disesuaikan dengan mental, emosional dan mendorong pramuka untuk berjiwa sosial. Membuat kegiatan pramuka yang menarik adalah sebuah tantangan bagi pembina dan dewan satuan.

Kegiatan yang menarik dan berkesan akan menghasilkan cerita yang akan diceritakan kembali dan berulang. Jika seorang pembina terkesan “galak” dan diktaktor yang akan muncul cerita  “kakak A masih membina di sekolah? dulu aku disuruh A, B, C … gak ada asiknya gitu” yang disampaikan ke adik kelas. Konsep dan pola pembinaan yang salah maka pasti akan menghasilkan cerita negatif “cerita seram” kegiatan yang katanya turun-temurun, yang membuat adik-adik ragu untuk ikut pramuka. Dewasa ini, seorang pembina harus menerima saran dari peserta didik dalam menentukan program latihan rutin, khususnya untuk penggalang, sebab untuk penegak sudah bisa dijalankan oleh dewan ambalan.

Kegiatan pramuka yang mengikuti zaman, tentu dengan nilai pendidikan yang ditanamkan haruslah terus digalakkan, tantangannya adalah seorang pembina pramuka harus bisa mengikuti perputaran zaman. Improvisasi dalam kegiatan tentunya menjadi hal yang utama, jangan sampai cerita pramuka 25 tahun silam masih sama saja dengan yang sekarang. Pola pikir yang lebih maju, bahkan informasi mudah didapatkan dengan smartphone jangan sampai pembina tidak mengikuti, pembina pramuka wajib terus belajar dan mampu mengevaluasi kekurangan dalam setiap satu tahun program kerja latihan kepramukaan.

Pramuka yang fleksibel diterima di segala lingkungan masyarakat, adalah pramuka yang mau berinovasi dan memberikan perubahan dalam lingkungan masyarakat. @kakmaruf

_____________________________
📱 Ikuti kami di Line@ @pramukaupdate
➡ Invite BBM Distro Pramuka 5995DF55