KUNCI SUKSES SEORANG PRAMUKA

KUNCI SUKSES SEORANG PRAMUKA

Tidak ada perjuangan yang sia-sia jika kita telah banyak berkorban, waktu, uang, tanaga dan pantang menyerah. Kunci sukses seorang pramuka dalam kehidupan salah satunya dengan belajar dan berlatih.

Banyak yang memandang belajar itu hanya di bangku sekolah, berlatih itu hanya untuk mereka yang punya keterampilan, tidak! saat ini kita bersaing global dengan adanya MEA. Jika kita hanya mengandalkan pendidikan, tanpa ada skill kita akan kalah bersaing dengan teman-teman kita yang lebih gigih di usia muda. Berjuang sedari kecil, merasakan pahitnya kehidupan, perjuangan untuk ke sekolah, tidak merengek untuk diantar jalan kaki dan bersepeda menyehatkan dan melatih otot-otot dalam tubuh kita untuk semakin kuat.

Giat belajar dan berlatih itulah pramuka, anak muda yang semangat! Belajar itu bisa kita lakukan dari berbagai hal, belajar dari lingkungan keluarga, masyarakat dan sekolah. Belajar dari guru dan tokoh masyarakat. Belajar dari alam dan lingkungan sekitar, dari buku dan orang-orang yang ahli di bidangnya. Belajar itu membuka ilmu, membuka diri dengan hal baru, tanpa belajar kita akan lebih lama mengetahui, dengan belajar maka kita mempercepat dalam mengetahui berbagai hal tanpa kehilangan waktu dan merasakan kegagalan-kegagalan dari apa yang kita pelajari. Untuk itulah pramuka yang mau belajar adalah pramuka yang sudah satu langkah lebih maju dalam mencapai kesuksesan.

Berlatih itu perlu gak sih? tanpa berlatih seorang pesepak bola tidak akan berkembang, tidak mengetahui taktik dan strategi dalam menghadang lawan, menggiring bola. Sama halnya kita sebagai pramuka, tanpa berlatih pramuka kita tidak bisa baris berbaris, menyambung tongkat dan mendirikan tenda. Dalam kehidupan sehari-hari, tanpa berlatih kita tidak bisa berdiri, yakinlah ibu kita dahulu rela menuntun kita agar kita bisa berjalan dan akhirnya kita bisa berlari. Dengan teknologi ini tanpa berulang kali mencoba, pasti tidak akan bisa mengoperasikan smartphone, bahkan untuk membaca artikel ini pun tidak bisa, karena tidak punya pengetahuan dan terlatih.

Jadikan hari-hari kita lebih bermanfaat, makin hari makin semangat dan giat dalam belajar dan berlatih karena kita pramuka, anak muda harapan bangsa.

_____________________________
📱 Temukan di Line & Telegram @pramukaupdate
Belanja Kaos Pramuka? Line @onu2090f