Kenapa pramuka kalau diperkemahan jarang mandi? Ini adalah pertanyaan orang yang mungkin tidak aktif di pramuka. Faktanya memang demikian, seorang pramuka memilih tidak mandi diperkemahan. Dalam 3 hari perkemahan mungkin hanya mandi 2 kali, lainnya hanya mengepel badan pakai handuk, bahkan kanebo,.. itu tuh yang buat lap mobil, ini serius.
Kenapa Pramuka Jarang Mandi di Perkemahan

Kenapa Pramuka Jarang Mandi di Perkemahan

Tidak bermaksud menyinggung karena ini sungguh-sungguh terjadi bagi anak pramuka atau mereka yang mengikuti kegiatan perkemahan. Dengan dalih hemat air, nanggung ataupun kotor, pramuka akhirnya meninggalkan mandi dan di ganti dengan cuci muka dan gosok gigi saja.



Mungkin karena faktor kamar mandi yang sedikit, antree yang cukup panjang, atau malas bangun pagi agar bisa mandi duluan tentu ini faktor pribadi yang menjadikan pramuka malas untuk mandi di perkemahan. Toh ternyata pramuka sedia parfum agar badan baunya wangi. Hal yang seperti ini kelihatan sepele, namun jangan sampai berkelanjutan ya hehe. Bisa karena tidak mandi, kulit gatal-gatal, iritasi dan muncul penyakit.
Maaf yang merasa tersinggung, jangan malu-malu buat jujur. Tidak aneh jika pramuka itu enjoy ketika cuaca sedikit panas, karena ketika berkemah sudah terlatih… badan bau acem..
Jika artikel ini bikin rindu, kami akan berterimakasih jika kakak membantu untuk berbagiĀ  šŸ˜ššŸ˜šĀ @kakmaruf