Kegiatan pramuka itu harus sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, Tri Satya dan Dasadharma. Pastikan tidak ada kekerasan fisik maupun psikis. Jika mau mengacu dengan nilai agama, sudah jelas agama manapun tidak mengajarkan kekerasan fisik dalam pendidikan. Pendidikan itu harusnya dibuat menyenangkan, menarik dan asik bukan malah membuat peserta didik merasa berat dan menjadi beban.

Kegiatan pramuka tanpa kekerasan fisik

Kegiatan pramuka tanpa kekerasan fisik

Lha wong sama guru yang seram dengan tutur bahasa keras meski tidak membentak saja mental kita sudah menciut apalagi dimaki maki sama kakak pembina, ampuun mending gak usah pramuka dalam benak hati. Ya begitulah, mohon memberi masukan ke sekolah apabila sosok pembina kamu, senior kamu kurang baik dalam menjalankan kegiatan pramuka. Jangan dengan dalih pendidikan, kekerasan fisik maupun kata kata yang kurang baik digunakan dan dibenarkan. Tegas bukan berarti kasar, hanya perlu penekanan dan diberikan contoh yang baik.

Menanamkan nilai-nilai pancasila pada generasi muda bisa dilakukan dengan memberikan contoh yang positif, membuat program kerja dan kegiatan pramuka yang menarik, edukatif dan menyenangkan. Perploncoan merusak mental seorang anak, bahkan sebuah ejekan membuat anak menjadi minder. Peran pembina pramuka harus bisa mengarahkan, mendidik generasi muda dan menanamkan nilai-nilai pancasila dalam hati setiap pramuka.

Yuk kita evaluasi, tinggalkan yang buruk, pelihara dan kembangkan budaya baik. Semangat Pagi!

Ikuti kami di Line@ @pramukaupdate, jangan salah ketik kakak ^_^