Hari ini tepat 56 tahun Gerakan Pramuka menancapkan tonggaknya sebagai organisasi pendidikan karakter bagi kaum muda. Kita patut berbangga karena menjadi bagian dari 22 juta pramuka yang ada di Indonesia. Woow. baru tahu? ya, kan.. karena memang pramuka berada di gugus depan sekolah maupun perguruan tinggi yang ada di Indonesia maupun di kedutaan besar beberapa negara.

Pantas jika pelaksaan jambore nasional tahun 2016 lalu di ikuti oleh pramuka penggalang yang berjumlah 25ribu peserta didik. Tau kan pramuka penggalang itu berusia 11-15 tahun? yak .. kalau belum tahu ini malah sudah kami kasih tahu hihi, lanjut nah di tahun ini pelaksanaan Raimuna Nasional ke-XI juga di ikuti oleh 15ribu peserta dan perlu kakak ketahui kalau sangga kerjanya pun juga dari usia yang sama meski juga didampingi oleh anggota dewasa atau mudahnya bisa disebut pembina pramuka.

Aktif Pramuka Itu Istimewa

Aktif Pramuka Itu Istimewa

Kenapa sih aktif pramuka itu Istimewa? mungkin kakak akan menebak-nebak faktor apa saja yang menjadikan ke aktifan kita di pramuka itu istimewa. yuk langsung saja.

  1. Pramuka organisasi universal & internasional
    Yup, gerakan pramuka bisa di ikuti siapa saja, tanpa batasan agama, suku, usia, wilayah membuat pramuka sebagai organisasi yang terbesar di Indonesia. Internasional karena gerakan pramuka menjadi bagian dari WOSM (World Organization of the Scout Movement) jadi kegiatan pun tak hanya sebatas di Indonesia, bisa juga diluar negeri saja.
  2. Ikut serta membangun masyarakat
    Sesuai dengan bunyi trisatya pramuka penegak – pandega dan anggota dewasa, pramuka turut serta dalam membangun masyarakat, apa buktinya? pramuka melibatkan diri dalam aksi sosial kemanusiaan. Misalnya pramuka peduli, petugas jaga dan keamanan lebaran dan ikut serta bertugas di perayaan hari keagamaan. Bakti sosial dalam kemah bakti maupun kemah wirakarya. Belum lagi dalam hal-hal lain yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu.
  3. Mengisi kegiatan dengan hal positif
    Selain kegiatan pendidikan, pramuka juga berkegiatan di alam. Bermain sambil belajar, belajar sambil melakukan, dan belajar sambil menghasilkan. Pramuka merupakan tempat berlatih yang asyik, positif dan bermanfaat. Kegiatan positif yang dilakukan membekali peserta didik mendapatkan keterampilan yang aplikatif dapat diaplikasikan di tengah masyarakat.

Lelah adalah bukti kita mau berusaha dalam berlatih pramuka. Meski apa yang kita keluarkan tidak murah, namun hasil yang kita dapatkan juga sebanding. Di saat yang lain bersantai, seorang pramuka memilih untuk berkegiatan, mengabdikan diri. Kegiatan yang bermanfaat, melatih fisik, emosional, sosial dan spiritual yang kami dapatkan akan kami aplikasikan ditengah masyarakat.

 

Aktif pramuka adalah hal yang istimewa, namun tidak semua orang yang berseragam pramuka dapat merasakan hal yang sama.

 

Ditulis oleh @kakmaruf