Aktif Pramuka Apa Untungnya?

Aktif Pramuka Apa Untungnya?

 

Banyak yang menganggap pramuka hanya sekedar pelengkap kegiatan ekstra kulikuler dan mendapatkan nilai untuk di isi di rapor di akhir semester. Aktif Pramuka Apa Untungnya? Sebuah kutipan “Belajar dari siapa saja, kapan saja dan dimana saja” tentu di pramuka kita bisa belajar dengan sudut pandang lain. Mereka yang bijak akan meluangkan waktu untuk mengikuti kegiatan pramuka dengan sebaik mungkin.

Waktu yang kita gunakan untuk kegiatan pramuka minimal 2,5 jam dalam satu minggu waktu yang sangat singkat, dibanding kita hanya main bisa 1 jam tiap hari dan dikali 7 hari dalam 1 minggu. Memang dalam hal ini bukan mencari ke untungan di pramuka tapi mencari apa sih manfaat yang didapatkan di pramuka. Dalam pramuka, menggunakan sistem beregu 6-8 orang agar dalam proses berlatih dan belajar lebih mudah dalam setiap pemecahan masalah, kita belajar mengenal dan memahami perbedaan dalam satu regu, mengajarkan kekompakan dan kerjasama dalam regu, saling menolong dan melengkapi. Metode pelatihan dengan SISTEM AMONG Ing ngarso sung tuladha, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani jika diterapkan sebaik mungkin ini adalah salah cara terbaik dalam pembentukan karakter yang di gagas oleh Ki Hadjar Dewantara.
Seorang yang lebih tua harus menjadi contoh bagi yang muda, memberikan dorongan untuk kemajuan dalam belajar dan berlatih, akan sangat rugi bila alasan kamu bergabung pramuka hanya untuk mencari pengalaman dan teman dengan nongkrong di pinggir jalan setiap hari pun ada pengalaman baru, nah di pramuka ada ilmunya, ada peraturannya dan adalah kesempatan bagimu untuk belajar banyak hal.

 

Share ya kak ^_^
_____________________________
📱 Ikuti kami di Line@ @pramukaupdate
➡ Invite Line Distro Pramuka @onu2090f