Banyak diantara kita ikut pramuka tapi tanpa tahu sejarahnya. Boro-boro sejarah pramuka, membaca sandi aja gak bisa. Yuk kita kupas 5 hal yang harus kamu tahu tentang sifat Gerakan Pramuka. Nah yuk semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kamu yang masih aktif pramuka, maupun yang sedang mencari tahu gejolak jiwa untuk bergabung di gerakan pramuka.
Sifat Gerakan Pramuka -Pramukaupdate.id

Sifat Gerakan Pramuka -Pramukaupdate.id

  1. Gerakan Pramuka adalah Organisasi Gerakan Kepanduan Nasional Indonesia

    Gerakan Pramuka sebagai lembaga pendidikan non formal yang saat ini menyelenggarakan pendidikan kepramukaan. Meskipun ada kepanduan milik Muhammadiyah hizbul wathan tetapi hanya Gerakan Pramukalah yang di akui oleh Organisasi Kepanduan Sedunia atau World Organization of the Scout Movement/WOSM.

  2. Gerakan Pramuka merupakan Organisasi pendidikan yang keanggotaanya bersifat sukarela, tidak membedakan suku, ras, golongan dan agama

    Organisasi mana lagi coba, yang anggotanya lebih dari 22 Juta (data terakhir) di Indonesia ini? yup.. pramuka adalah organisasi kepanduan terbesar di dunia, ya memang sih karena di ikuti oleh siswa/siswi di sekolahan. Hal ini juga mengakibatkan Gerakan Pramuka tidak lagi sukarela.. hee jadi kewajiban kan?

  3. Gerakan Pramuka bukan Organisasi Sosial Politik

    Gerakan Pramuka bukan bagian dari salah satu organisasi kekuatan politik dan tidak menjalankan kegiatan politik praktis. Meskpun anggotanya tetap boleh ya aktif di partai politik, namun jangan bawa-bawa pramuka, dan jangan memakai seragam pramuka untuk kepentingan politik. Misal, Ikut menjabat di andalan kwartir cabang untuk selanjutnya ikut mencalonkan diri menjadi bupati, dan kampanye di kegiatan pramuka.. nah ini gak boleh.

  4. Ikut serta membantu masyarakat

    Gerakan pramuka ikut serta dalam melaksanakan pendidikan bagi kaum muda, khususnya dalam pendidikan non formal diluar sekolah dan di luar keluarga. Nah ini sangat penting ya kak, karena banyak waktu kadang terbuang sia-sia, nah di pramuka sendiri setiap anggotanya bisa mengembangkan diri di bidang yang ia inginkan dengan bergabung di wadah yang sesuai, misal dewan kerja, satuan karya maupun satuan bakti.

  5. Gerakan Pramuka Menjamin Kemerdekaan Anggotanya Dalam memeluk Agama

    Nah hal ini juga sebagai bentuk pramuka yang memegang teguh nilai-nilai spiritual dan di aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Pramuka memeluk agama dan kepercayaan masing-masing dan beribadah menurut agamanya, hal ini juga sesuai dengan pasa 7 anggaran Dasar Gerakan Pramuka.



Nah itu tadi 5 hal yang harus kamu tahu mengenai sifat gerakan pramuka, nah bagaimana? sudah cukup jelas bukan? semoga bisa membantu. Jangan lupa ikuti kegiatan pramuka di gugus depanmu, dan hidupilah gugus depanmu dengan ilmu yang telah kamu pelajari. Jika suka dengan artikel ini jangan lupa kakak bagikan. @kakmaruf